Husna Rahmayunita
Louis van Gaal ketika masih menjadi manajer Manchester United (kanan). (Adrian Dennis/AFP).

Bolatimes.com - Pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal kini tengah berjuang melawan kanker prostat yang diderita. Jelang Piala Dunia 2022, ia mengungkap kondisi kesehatannya. 

Meski mesti menjalani perawatan akibat kanker, Louis van Gaal tetap bertekad menahkodai Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

Sebelum ini, ia merahasiakan penyakitnya agar para pemain tetap fokus menjalani persiapan. Mantan pelatih Manchester United itupun mengaku telah 25 kali menjalani perawatan radiasi.

Baca Juga:
Tottenham Hotspur Bantai Newcastle 5-1, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

"Saya pikir Anda tidak memberi tahu orang-orang yang bekerja dengan Anda seperti itu karena itu mungkin memengaruhi pilihan mereka, keputusan mereka. Jadi saya pikir mereka seharusnya tidak tahu," kata Louis van Gaal dalam acara Tv Humberto seperti dikutip dari Goal Internasional, Senin (4/4/2022).

"Anda tidak mati karena kanker prostat, setidaknya tidak dalam 90 persen kasus."

"Biasanya penyakit lain yang mendasari yang membunuhmu. Tapi aku punya bentuk yang cukup agresif, mendapat penyinaran 25 kali. Kemudian Anda memiliki banyak manajemen yang harus dilakukan untuk menjalani hidup."

Baca Juga:
Persib Bandung Resmi Tak Perpanjang Kontrak Esteban Vizcarra

Van Gaal mengaku sejauh ini mendapatkan perawatan terbaik di rumah sakit. Meski mengidap kanker, dia berencana untuk tetap memimpin timnas Belanda di Piala Dunia 2022.

"Ini bagian dari hidup saya. Saya telah melalui begitu banyak dalam hidup saya, sakit dan mati, saya mungkin menjadi lebih kaya sebagai pribadi karena semua pengalaman itu," beber Van Gaal.

Van Gaal yang sempat mengumumkan pensiun sebagai pelatih pada 2017 silam, kembali ditunjuk timnas Belanda pada Agustus 2021 lalu. Ini merupakan periode ketiga dia melatih Belanda sebelum 2000-2002 dan 2012-2014.

Baca Juga:
Promosi ke Liga 1, Dewa United Sudah Kantongi Nama Pelatih Baru

"Sepak bola Belanda selalu dekat di hati saya dan kepelatihan nasional menurut saya merupakan posisi kunci untuk kemajuan sepak bola kita lebih lanjut. Apalagi, saya menganggap suatu kehormatan untuk melatih tim nasional Belanda," kata Van Gaal ketika kembali ditunjuk menjadi juru taktik The Oranje.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Baca Juga:
Persija Jakarta Resmi Datangkan Dua Pemain Berlabel Timnas, Firza Andika dan Hanif Sjahbandi

Load More