Irwan Febri Rialdi
Selebrasi para pemain Liverpool usai Mohamed Salah cetak gol ke gawang Inter Milan. (Filippo Montefo/AFP)

Bolatimes.com - Liverpool berhasil mengalahkan Inter Milan pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2021/2022, Kamis (17/2/2022) dini hari WIB di Stadion Giuseppe-Meazza (San Siro), Milan. The Reds berhasil membawa pulang kemenangan 2-0.

Dua gol Liverpool baru tercipta 15 menit jelang waktu normal berakhir. Setelah terus menekan, tim asuhan Jurgen Klopp akhirnya mematahkan perlawanan Inter lewat gol Roberto Firmino dan Mohamed Salah.

Kemenangan ini membuat langkah Liverpool untuk melaju ke perempat final cukup terbuka mengingat leg kedua akan berlangsung di Anfield, tempat di mana mereka hampir selalu tampil perkasa.

Baca Juga:
Tak Sabar Tunggu Kedatangan Pratama Arhan, Bintang Tokyo Verdy: Saya Menunggumu

Selain itu, kemenangan ini turut menimbulkan catatan-catatan menarik khususnya bagi kubu Liverpool. Berikut Suara.com rangkum dari berbagai sumber:

  • Liverpool di bawah asuhan Jurgen Klopp kini telah memenangkan 10 dari 13 pertandingan tandang terakhir mereka di Liga Champions.
  • Laga kontra Liverpool ini merupakan pertandingan fase knock out pertama yang dimainkan Inter Milan sejak menghadapi Marseille pada Maret 2012 juga di 16 besar.
  • Jurgen Klopp adalah manajer kedelapan (dan pelatih Jerman pertama) yang mencatat 50 kemenangan Liga Champions. Dia masih tertinggal dari Alex Ferguson (102), Carlo Ancelotti(94), Pep Guardiola (91), Arsene Wenger (86), José Mourinho (81), Louis van Gaal (57), dan Rafael Benítez (53).
  • James Milner membuat penampilan ke-800 dalam karier klub seniornya di laga ini (275 Liverpool, 203 Manchester City, 136 Newcastle United, 126 Aston Villa, 54 Leeds United, 6 Swindon Town). Milner memiliki rata-rata 40 pertandingan per musim selama 20 musim karir profesionalnya.
  • Mohamed Salah menjadi pemain kedua yang mencetak gol ke gawang AC Milan dan Inter Milan di musim Liga Champions yang sama, setelah Peter Crouch untuk Tottenham pada 2010-11.
  • Berusia 18 tahun 318 hari, Harvey Elliott adalah pemain termuda yang memulai pertandingan Piala Eropa/Liga Champions untuk Liverpool (tidak termasuk kualifikasi), menyalip rekan setimnya Trent Alexander-Arnold (18 tahun 354 hari v Spartak Moscow pada 2017).
  • Mohamed Salah kini telah mencetak 12 gol dalam 12 pertandingan terakhirnya di Liga Champions.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Baca Juga:
Hasil Liga Champions: Liverpool Sukses Bungkam Inter Milan 2-0 di Guiseppe Meazza

Load More