Irwan Febri Rialdi
Penyerang klub Eredivisie Belanda, Go Ahead Eagles, Ragnar Oratmangoen. [Instagram/@0ratmangoen]

Bolatimes.com - Exco PSSI, Hasani Abdulgani, memastikan bahwa Ragnar Oratmangoen batal dinaturalisasi. Pemain itu digantikan oleh Kevin Diks, sesuai dengan permintaan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Hari ini banyak yang bertanya kepada saya, apakah benar seperti diberita: Ragnar Oratmangoen diganti oleh Kevin Diks?," tulis Hasani di akun Instagram miliknya.

"Iya berita tersebut benar. Ini adalah karena ada permintaan dari Coach STY. Soal pemanggilan pemain adalah wilayahnya pelatih. Kami federasi hanya membantu." tambah Hasani.

Baca Juga:
Bak Akamsi, Johann Zarco Santai Main Catur Sambil Buka Baju di Mandalika

Publik pun bertanya-tanya soal alasan Shin Tae-yong mengambil keputusan mencoret Ragnar.

Salah satu akun Twitter @FT_IDN yang selama ini fokus mengabarkan soal pemain berdarah Indonesia di luar negeri kemudian menuliskan soal rekam jejak Ragnar sebagai kameo sebuah film.

Baca Juga:
8 Aktivitas Unik Pembalap MotoGP di Mandalika, Beli Pulsa sampai Main Catur

"Salah satu Film yang mungkin bisa kalian tonton tentang issue maluku di Belanda. Gerson Oratmangoen sebagai pemeran utama. Di salah satu scene film juga ada Ragnar Oratmangoen yang sedang main bola dengan kakaknya. Sekali lagi ini hanya peran dalam Film!" tulis akun tersebut.

Apa yang disampaikan oleh akun @FT_IDN memang sesuai fakta.

Dikutip dari laporan media Belanda, De Stentor, Ragnar menceritakan saat dirinya menjadi kameo di film tersebut.

Baca Juga:
Penyebab Ragnar Oratmangoen Diganti Kevin Diks dari Daftar Naturalisasi

“Sepupu saya, Gerson adalah seorang aktor dan memainkan salah satu peran utama, sebagai pembajak dan peran saya jauh lebih kecil,” kata Ragnar.

Saat usianya masih 10 tahun, Ragnar muncul di film pembajakan kereta api di Belanda. Perannya saat itu hanya anak kecil yang bermain di sebuah tim asal De Punt, tempat yang menjadi lokasi pembajakan kereta api tersebut.

“Mereka membutuhkan pemeran tambahan dan kemudian saya diizinkan pergi ke studio di Amsterdam bersama saudara laki-laki saya. Dalam film itu, kami menenang bola bersama-sama,” tambahnya.

Baca Juga:
3 Pemain Indonesia Direkrut Klub Bosnia Herzegovina, Ada Eks Mitra Kukar

Film berjudul De Punt diadaptasi dari salah satu peristiwa bersejarah orang-orang Maluku yang berada di Belanda. Pada 23 Mei 1977, sejumlah orang Maluku melakukan protes terhadap pemerintah Belanda.

Penulis: Galih Prasetya

Load More