Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Malaysia, Luqman Hakim Shamsudin. (Instagram/luqmansham_10)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia membawa beberapa wonderkid mereka ke Piala AFF 2020. Salah satunya Luqman Hakim Shamsudin.

Adapun, Luqman yang masih berusia 19 tahun sudah tampil saat Malaysia jumpa Laos. Ini sebuah pencapaian karena ia baru barusia 19 tahun.

Profil Luqman Hakim Shamsudin

Baca Juga:
3 Kelemahan Malaysia yang Bisa Dieksploitasi Timnas Indonesia

Luqman Hakim lahir di Kota Bharu, Malaysia, pada 5 Maret 2002. Ia mengawali karier sepak bolanya di National Football Development Programme of Malaysia pada 2014-2015.

Setelahnya, ia bersekolah sepak bola di Mokhtar Dahari Academy. Di sana, ia menimba ilmu sepak bola selama 4 tahun.

Luqman tak sempat mencicipi atmoster sepak bola Malaysia. Ia lebih banyak tampil di Timnas Malaysia kelompok umur.

Baca Juga:
Tan Cheng Hoe Klaim Duel Timnas Indonesia vs Malaysia Laga Hidup atau Mati

Pada 2017, ia menjadi bagian Timnas U-16 Malaysia di sejumlah ajang. Mulai dari Piala AFF dan Piala Asia, sudah ia jalani dengan 6 penampilan dan 7 gol.

Kariernya berlanjut ke Timnas U-18 Malaysia. Hanya satu tahun, ia sudah mentas di Piala Asia dengan mencetak 6 gol dari 10 laga.

Pemain Timnas Malaysia, Luqman Hakim Shamsudin. (Instagram/luqmansham_10)

Kegemilangan anak muda dari Kelantan ini membuatnya terus naik tingkat. Pada 2019, ia masuk Timnas U-23 di Piala AFF dan SEA Games.

Baca Juga:
Chelsea Diimbangi Everton, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris 2021/2022

Tercatat, dari penampilannya, ia memang banyak berangkat dari bangku cadangan. Torehan menit bermainnya juga terbilang minim yaki 7 kali.

Langsung Merantau ke Eropa

Pada 2019, saat usianya masih 17 tahun, Luqman menandatangani kontrak profesional dengan salah satu klub Belgia, Kortrijk. Ia menjadi pemain Malaysia pertama yang bermain di Belgia.

Baca Juga:
5 Rivalitas Timnas Indonesia vs Malaysia, Sempat Diterpa Isu Pelanggaran

Adapun, Luqman semula mencicipi atmosfer kelompok umur dan tim cadangan. Pada 20 Oktober 2020, barulah ia mencicipi atmosfer Liga Belgia saat jumpa Anderlecht.

Ketika itu, Luqman masuk sebagai pemain pengganti. Dirinya ikut andil dalam kemenangan 3-1.

Penuhi Panggilan Timnas Malaysia Senior

Tampil apik di luar negeri membuat pelatih Malaysia mrmanggilnya ke skuat senior. Terkini, Luqman sudah bermain untuk Malaysia di 2 laga.

Terdekat, Luqman berpotensi bermain untuk Malaysia di laga kontra Indonesia. Bukan tak mungkin, ia menjadi pilihan utama.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More