Irwan Febri Rialdi
Lionel Messi saat meraih Ballon d'Or pada tahun 2015 (Fabrice Coffrini/AFP)

Bolatimes.com - Ballon d'Or menjadi salah satu penghargaan individu paling prestisius di jagat sepak bola. Lionel Messi menjadi pemegang rekor peraih terbanyak penghargaan ini dengan 6 trofi.

Dalam satu dekade ke belakang, persaingan meraih Ballon d'Or sendiri dikuasai oleh Messi dan Cristiano Ronaldo.

Tercatat cuma Luka Modric sebagai satu-satunya pemain yang bisa mengganggu dominasi kedua pemain tersebut.

Baca Juga:
28 Istilah dalam Bola Basket yang Perlu Diketahui, dari Lay-up hingga Dunk

Adapun, Lionel Messi menjadi pemenang terakhir Ballon d'Or pada 2019. Pasalnya, edisi 2020 ditiadakan karena pandemi COVID-19.

Untuk edisi 2021, tanggal resmi pengumuman peraih Ballon d'Or memang belum diumumkan. Namun, diprediksi ajang ini akan dilangsungkan pada awal Desember 2021. Messi nyatanya berpotensi kalah atau gagal meraih trofi Ballon d'Or ketujuhnya. Berikut ulasannya.

1. Minim Prestasi di Level Klub

Baca Juga:
Profil Idrissa Guaye, Pemberi Mimpi Buruk Manchester City di Liga Champions

Di musim 2020/21, Messi minim prestasi bersama Barcelona. Blaugrana hanya finis di posisi ketiga Liga Spanyol dan tersingkir di babak 16 besar Liga Champions.

Satu-satunya trofi yang diraih Messi bersama Barcelona musim lalu adalah gelar Copa del Rey. Tentu raihan ini tidak begitu prestisius bagi klub sekelas Barca.

2. Catatan Individu Kalah dari Pemain Lain

Baca Juga:
PON XX Papua 2021: Tampil Mengejutkan, Alisya Mellynar Sabet Medali Emas

Selain prestasi kolektif, catatan individu Lionel Messi dengan pemain di level klub cukup jauh. Ambil contoh Robert Lewandowski.

Messi memang mampu mengemas 38 gol bersama Barcelona dari 47 laga musim lalu, namun jumlah itu masih kalah dari Lewandowski yang mencetak 48 gol dari 40 laga bersama Bayern Munchen.

3. Pemenang Copa America Jarang Raih Ballon d'Or

Baca Juga:
Kantongi Restu Arema FC, Kartika Ajie Gabung ke Rans Cilegon FC

Selain Copa del Rey di level klub, Messi sebetulnya mampu membawa Argentina menjadi kampiun Copa America 2021. Prestasi ini sempat membuat Messi digadang-gadang bisa raih Ballon d'Or.

Akan tetapi, fakta menyebutkan bahwa jarang pemain yang bisa meraih Ballon d'Or usai menjuarai Copa America.

Tercatat hanya ada dua orang yang melakukannya, yakni Ronaldo Luis pada 1997 dan Rivaldo (1999). Di luar nama itu tak ada bisa melakukannya lagi.

4. Performa Tak Apik di PSG

Faktor lain yang bikin La Pulga besar kemungkinan kalah di persaingan Ballon d'Or 2021 adalah performanya yang melempem setelah pindah ke PSG.

Messi baru tampil sebanyak 4 kali di musim 2021/22 dan baru mencetak 1 gol buat Les Parisien.

5. Tak Masuk Nominasi Pemain Terbaik Eropa

Faktor lain yang besar kemungkinan membuat Messi akan gagal meraih Ballon d'Or adalah tidak masuknya dia di tiga besar nominasi Pemain Terbaik Eropa 2020/21.

Tiga pemain yang mengisi nominasi itu adalah Jorginho, Kevin De Bruyne dan NGolo Kante. Faktanya, semenjak penganugerahan pemain terbaik Eropa digelar pada 2011, peraih trofi Ballon dOr selalu masuk tiga nominasi ajang tersebut. 

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More