Irwan Febri Rialdi
David Luiz tampil bersama Arsenal saat menghadapi Burnley. [DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP]

Bolatimes.com - Tak dimungkiri, Brasil merupakan salah satu negara penghasil pelakon sepak bola di dunia. Tak sedikit para warga negara mereka yang berkarier di pelbagai belahan dunia.

Ada yang sukses, ada pula yang tidak. Namun buat mereka yang sukses, di Eropa, katakalah, biasanya akan pulang ke Brasil untuk membela salah satu klub di tanah kelahiran mereka.

Berikut Bolatimes rangkum, 5 pemain top dari Brasil yang kini mentas di liga domestik usai berpetualang di Benua Biru:

Baca Juga:
Beda Grup dengan Indonesia di Piala AFF 2020, Ini Reaksi Pelatih Filipina

1. Joao Miranda

Bek senior Inter Milan, Joao Miranda saat menghadapi Cagliari di lanjutan Serie A musim 2018/2019. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Miranda dikenal sebagai pemain Inter Milan dan Atletico Madrid. Selama 11 musim, dia sudah membela kedua tim itu dengan sederet prestasi.

Rinciannya: 5 gelar domestik diraih Miranda bersama Atletico di mana satu di antaranya adalah La Liga musim 2013/14. Di Inter, memang dia tak meraih gelar tapi nyaris bermain reguler.

Baca Juga:
Digoda Greysia Polii, Ini Reaksi Kocak Pebulu Tangkis Korea Selatan

Usia senja kemudian membuatnya berpindah klub. Pada 2019 lalu, Miranda pindah ke Jiangsung Suninhg di Liga China. Namun, karena klub tersebut bubar, Miranda memilih pulang ke kampung halamannya untuk bermain bersama Sao Paulo di usia 37 tahun.

2. Hulk

Pemain Shanghai SIPG, Hulk. (HECTOR RETAMAL / AFP)

Awal 2021, Hulk memutuskan untuk pulang ke Brasil. Sebelumnya ia membela Shanghai SIPG selama 4 musim. 

Baca Juga:
5 Pesepak Bola yang Pernah Hina Cristiano Ronaldo, Ada Legenda Juventus

Sebelum ke Liga China, pemain bernama lengkap Givanildo Vieira de Sousa, ini juga sempat mentas di Eropa. Dua klub sempat ia bela selama 8 musim yakni FC Porto dan Zenit Petersburg.

Selama berkarier di Eropa, Hulk sudah mencetak lebih dari 150 gol. Ia juga sudah menyumbang 14 trofi buat kedia tim yang disebutkan sebelumnya. 

Terkini, Hulk bermain untuk Atletico Minero dan mengingat usianya sudah 35 tahun, besar kemungkinan ia akan tetap di Brasil.

Baca Juga:
Kisah Samir Nasri, Pesepak Bola Kariernya Hancur karena Doping

3. Diego Costa

Diego Costa merayakan golnya ke gawang Real Madrid (Twitter)

Costa adalah pemain yang lahir di Brasil. Namun, untuk urusan kewarganegaraan dan tim nasional, dirinya memilih Spanyol.

Menariknya, Costa kini bermain di Brasil untuk Atletico Minero. Ini merupakan kali pertama ia bermain untuk klub di tanah kelahirannya sejak dia berkarier sebagai pesepak bola.

Costa adalah penyerang yang cukup berprestasi. Sebelum mudik ke Brasil, ia pernah memperkuat Atletico Madrid dan Chelsea dengan total meraih 10 trofi jika dijumlahkan saat membela keduanya.

4. David Luiz

David Luiz tampil bersama Arsenal saat menghadapi Burnley. [DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP]

Luiz sudah malang melintang di sepak bola Eropa. Sejumlah klub dengan nama besar pernah ia bela dan membawa juara.

Namun pada 2019 lalu, Luiz memilih pulang ke Brasil untuk bergabung dengan Flamengo. Hal itu lantaran kontraknya tak diperpanjang oleh Arsenal yang merupakan tim terakhir yang dia bela.

Luiz tak hanya bermain di Arsenal. Chelsea, Benfica, Paris Saint Germain adalah klub-klub yang pernah ia bela selama di Benua Biru.

5. Willian

Willian saat merayakan golnya bersama Arsenal. (Richard Heathcote / POOL / AFP)

Sama seperti Luiz, Willian juga menyudahi kariernya di Eropa bersama Arsenal. Hanya, di klub gang disebutkan barusan, Willian dianggap tak banyak memberikan kontribusi.

Namun, Willian bukan tak bersinar di Eropa. Sebelum di Arsenal, pemain 33 tahun ini sukses di Chelsea dengan menggamit 5 trofi selama 7 musim.

Terkini, Willian bermain untuk Corinthians. Adapun, klub ini adalah klub pertamanya dulu saat menjadi pesepak bola.

Load More