Rauhanda Riyantama | Muhammad Ilham Baktora
Virgil van Dijk saat berduel dengan Lionel Messi di leg pertama semifinal Liga Champions. (JOSE JORDAN / AFP)

Bolatimes.com - Bek Liverpool, Virgil van Dijk mengatakan jika Ballon d'Or bukanlah target yang harus dimiliki pemain sepak bola profesional. Ia mengungkapkan bahwa menjadi contoh yang baik untuk pemain dan orang-orang di sekitar adalah hal yang lebih penting.

Virgil van Dijk menjadi kandidat peraih Ballon d'Or di tahun 2019. Selain dirinya, ada nama tenar seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang juga dijagokan merebut gelar pemain sepak bola terbaik dunia itu.

Meski demikian, Virgil van Dijk masih banyak kekurangan untuk memperebutkan gelar individu paling prestisius tersebut. Bahkan, ia mencapai puncak permainan yang ia inginkan selama ini.

Baca Juga:
Jadi Bek Termahal, Harry Maguire Diingatkan Virgil van Dijk Soal Tekanan

"Sejujurnya, saya tersanjung menjadi kandidat untuk memenangkan Ballon d'Or. Tetapi hanya dengan fokus dan bermain baik adalah cara yang bisa mengantarkan pada gelar itu," ungkap Van Dijk dikutip dari Liverpool Echo, Minggu (11/8/2019).

"Saya tak masuk dalam pemilihan, tetapi saya yakin orang-orang akan melakukannya dengan keputusan dan waktu yang tepat. Jika saya terpilih maka saya akan sangat menghargai itu. Jika tak terpilih, maka itu bukan akhir di dunia," ungkap pemain 27 tahun itu.

"Setiap orang memiliki pandangan, tetapi saya merasa baik, saya merasa bugar dan akan terus meningkat. Yang terpenting bagi saya adalah memberikan penampilan dan bekerja keras di setiap pertandingan. Dalam latihan, saya ingin menjadi contoh kepada semua pemain dan mencapai hasil yang baik," jelasnya.

Baca Juga:
Legenda Timnas Brasil Ini Dukung Virgil van Dijk Menangkan Ballon d'Or 2019

Dua penggawa Liverpool, Georginio Wijnaldum dan Virgil van Dijk sukses mengantarkan timnya meraih trofi Liga Champions. (PAUL ELLIS / AFP)

Virgil van Dijk bukan satu-satunya bek yang menjadi kandidat pemain bola terbaik dunia. Sebelumnya ada nama pemain Timnas Jerman, Matthias Sammer yang menjadi bek pertama yang meraih Ballon d'Or pada tahun 1996.

Tiga tahun selanjutnya, Fabio Cannavaro juga berhasil meraih gelar tersebut. Prestasi tersebut diraih saat mengantarkan Timnas Italia merengkuh gelar juara Piala Dunia 2006.

Terpisah, meski tak menjadi target untuk mendapatkan gelar Ballon d'Or, Virgil van Dijk diklaim sudah cukup bahagia. Pasalnya, pada musim lalu ia didapuk menjadi pemain terbaik PFA Men's of The Year.

Baca Juga:
Dikaitkan Jadi Peraih Ballon d'Or, Van Dijk: Messi Pemain Terbaik Dunia

Load More