Rauhanda Riyantama
Tiga pemain anyar Barcelona, Antoine Griezmann, Norberto Murara Neto, dan Frenkie de Jong. (Twitter/@FCBarcelona)

Bolatimes.com - Bergabungnya Antoine Griezmann dan Frenkie de Jong tentu menjadi angin segar bagi Barcelona. Sebab, pelatih Ernesto Valverde memiliki banyak opsi di skuat utama Blaugrana pada musim 2019/2020.

Barcelona lebih dulu mendatangkan Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam. Gelandang 22 tahun itu dibeli sejak Januari lalu dengan mahar 75 juta euro atau Rp 1,2 triliun, namun baru resmi menjadi milik raksasa Catalan pada bursa transfer musim panas 2019.

Setelah itu, Barcelona kembali membuat gebrakan dalam merekrut pemain. Sempat terjadi drama, El Barca akhirnya resmi merampungkan transfer Antoine Griezmann dari Atletico Madrid setelah membayar klausul rilis mencapai 120 juta euro atau Rp 1,8 triliun.

Baca Juga:
Mantap Tinggalkan AS Roma, Ini Alasan Kostas Manolas Pilih Gabung Napoli

Barcelona kini praktis dihuni oleh para pemain jempolan. Selain masih ada sosok Lionel Messi dan Luis Suarez, mereka juga memiliki pemain sekaliber Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, Ivan Rakitic, hingga Sergio Busquets.

Dengan pemain bertabur bintang seperti ini, bagaimana kira-kira formasi yang bakal diusung oleh Ernesto Valverde? Berikut tiga opsi formasi yang berhasil Bolatimes rangkum dari Sportskeeda.

Formasi 4-3-3

Baca Juga:
Jadwal Lengkap dan Siaran Langsung Liga 1 2019 Pekan Kesembilan

Formasi 4-3-3 Barcelona. (Dok: Sportskeeda)

Strategi ini sudah menjadi formasi paling umum dilakukan Barcelona dalam beberapa musim terakhir. Di posisi paling depan, Luis Suarez menjadi ujung tombak sembari dibantu Lionel Messi di sisi kanan, serta Antoine Griezmann di sisi kiri.

Lini tengah kemudian diisi oleh tiga gelandang, yakni Arthur Melo, Sergio Busquets, dan Frenkie De Jong. Sementara pos pertahanan ditempati oleh Jordi Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique, dan Nelson Semedo.

Formasi 4-4-2 (Diamond)

Baca Juga:
Messi Jepang Punya Ritual Nyeleneh Sebelum Berlabuh ke Bernabeu

Formasi 4-4-2 (Diamond) Barcelona. (Dok: Sportskeeda)

Formasi ini kerap menjadi pilihan kedua Ernesto Valverde musim lalu. Dalam beberapa kesempatan, ia kedapatan mengubah strategi yang awalnya 4-3-3 menjadi 4-4-2 (Diamond).

Di formasi ini, Suarez dan Griezmann bisa ditempatkan sebagai ujung tombak. Sementara Messi berperan agak ke dalam untuk mengalirkan bola dari lini tengah yang dihuni oleh Arthur Melo, Frenkie de Jong, dan Sergio Busquets, menuju lini serang.

Formasi 4-3-2-1

Formasi 4-3-2-1 Barcelona. (Dok: Sportskeeda)

Formasi ini bisa jadi pilihan lain bagi Ernesto Valverde. Jika dilihat sekilas, memang mirip dengan 4-3-3. Namun bedanya, dua pemain di belakang Luis Suarez lebih bermain sebagai penyerang, bukan sayap.

Selain itu, tugas Frenkie de Jong dan Arthur Melo akan sedikit berbeda. Sebab, keduanya akan berbagi lebar lapangan dengan Jordi Alba dan Nelson Semedo di bagian sayap.

Sementara Sergio Busquets berperan sebagai pemain yang lebih menjaga kedalaman bersama Gerard Pique dan Clement Lenglet.

Load More