Galih Priatmojo
Liverpool juara Liga Champions 2018/2019 usai menaklukkan Tottenham Hotspur 2-0 di final Liga Champions yang dihelat di Stadion Wanda Metropolitani, Madrid, Minggu (2/6/2019) dini hari tadi. [Paul ELLIS / AFP]

Bolatimes.com - Sukses membenamkan Tottenham Hotspur 0-2, Liverpool akhirnya rebut trofi Liga Champions. Berikut fakta - fakta menarik usai Liverpool memastikan jadi kampium Liga Champions musim 2018/2019.

Pada laga final di Liga di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Minggu (2/6/2019) dini hari WIB, Mohamed Salah membuka gol kemenangan Liverpool di awal laga. Divock Origi akhirnya memastikan Liverpool menang 2-0 lewat golnya menjelang akhir laga.

Kemenangan 2-0 atas Tottenham Hotspur tersebut membuat Liverpool memastikan sebagai juara Liga Champions musim ini. Sementara gol Salah dari titik penalti tercatat sebagai gol tercepat kedua di final dalam sejarah Liga Champions.

Baca Juga:
Fakta Kinsey Si Penyusup Seksi di Final Liga Champions, Pernah ke Indonesia

Pemain Liverpool Mohamed Salah (kanan) merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur dari titik penalti saat final Liga Champions. GABRIEL BOUYS / AFP

Berikut adalah fakta - fakta menarik usai Liverpool memastikan sebagai juara Liga Champions setelah mengalahkan Tottenham Hotspur di final, seperti yang dihimpun dari Opta.

1. Liverpool telah memenangkan trofi Liga Champions / Piala Eropa keenam mereka. Dua kali lipat dari yang telah dimenangkan oleh tim Inggris lainnya, Manchester United tiga kali.

2. Jurgen Klopp adalah manajer Liverpool keempat yang memenangkan Liga Champions / Piala Eropa, setelah Bob Paisley, Joe Fagan dan Rafael Benitez.

Baca Juga:
Ini Alasan Gerrard Minta Henderson Jadi Starter di Final Liga Champions

3. Klopp adalah pelatih Jerman kelima yang memenangkan Liga Champions / Piala Eropa, setelah Dettmar Cramer, Jupp Heynckes, Ottmar Hitzfeld, dan Udo Lattek, tetapi ia adalah pelatih Jerman kedua yang memenangkan trofi dengan tim non-Jerman (juga Heynckes, bersama Real Madrid).

4. Mauricio Pochettino untuk kedua kalinya kalah di babak final utamanya sebagai manajer Tottenham Hotspur, sebelumnya ia juga kalah di final Piala Liga Inggris saat menghadapi Chelsea pada 2015.

5. Ini juga adalah final Liga Champions pertama tanpa kartu kuning yang dikeluarkan oleh wasit.

Baca Juga:
Mohamed Salah Ucapkan Maaf untuk Kane Jelang Final Liga Champions

Load More