Rauhanda Riyantama
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde memberikan instruksi kepada para pemainnya saat melawan Inter Milan pada 24 Oktober 2018. (Lluis Gene/AFP)

Bolatimes.com - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, tahu betul bahwa Liverpool bukanlah tim yang bisa dipandang sebelah mata. Oleh sebab itu, ia sudah memiliki strategi jitu untuk menangkal permainan berbahaya Mohamed Salah dan kolega.

Barcelona akan menjamu Liverpool dalam laga leg pertama semifinal Liga Champions. Pertandingan tersebut bakal dihelat di Camp Nou pada Kamis (2/5/2019) dini hari WIB.

Bertindak sebagai tuan rumah, Barcelona pun dibayangi tren positif Liverpool di kompetisi domestik. Akhir pekan kemarin, The Reds sukses membanti tim juruk kunci Huddersfield dengan skor telak 5-0.

Baca Juga:
Sahabat Ezra Walian Ini Ukir Tiga Rekor Sekaligus Usai Bawa AJax Menang

Menyadari ketajaman lini serang skuat asuhan Jurgen Klopp, Barcelona pun mengambil ancang-ancang. Blaugrana harus bisa mengantisipasi serangan dari trio maut Liverpool yang dihuni oleh Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

Jika Liverpool bisa meraih gol tandang, maka kesempatan Barcelona untuk lolos dari semifinal akan menjadi sulit. Jadi, satu langkah yang ingin dilakukan oleh Ernesto Valverde adalah mengakhiri pertandingan tanpa kebobolan.

''Rencananya adalah meraih kemenangan dan menghentikan mereka mencetak gol tandang. Liverpool adalah tim yang bisa memanfaatkan kesalahan, jadi penting untuk menghentikan itu,'' ungkap Ernesto Valverde, seperti dilansir dari Goal International.

Baca Juga:
Ajaib, Bayi Ini Berhenti Menangis Usai Mendengar Theme Song Liga Champions

''Cara mereka bermain sangatlah psikologis. Kami melihat itu saat mereka mengalahkan Chelsea di pekan lainnya,'' katanya menambahkan.

Trio maut Liverpool, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Namun bukan pekerjaan mudah untuk meredam trio maut tersebut. Ernesto Valverde menegaskan bahwa timnya harus memenangkan duel di lini tengah, sehingga aliran bola terputus untuk mereka.

''Mereka adalah tiga pemain yang bermain dengan langkah yang sangat cepat, tapi yang sama pentingnya dengan mereka adalah bagaimana bola bisa mencapai mereka," kata pelatih asal Spanyol itu.

Baca Juga:
Kerusuhan Suporter Pecah di Laga Spurs vs Ajax, Tiga Orang Terluka

"Kami harus memenangkan duel lini tengah sehingga Liverpool tak bisa beroperasi, dan mendapatkan bola untuk para penyerang yang bisa menciptakan banyak ancaman," tandasnya.

Load More