Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Para pemain Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang PSV Eindhoven pada 28 November 2018 (John Thys/AFP)

Bolatimes.com - Sebanyak 12 tim sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2018/19 setelah matchday kelima pada hari Kamis (29/11/2018) dini hari usai digelar. Atletico Madrid hingga Manchester United menjadi tim yang telah memastikan tempatnya di babak selanjutnya.

Dimulai dari Grup A, Atletico Madrid dan Borussio Dortmund memastikan langkah mereka ke babak 16 besar setelah memetik kemenangan di matchday kelima Liga Champions.

Atletico Madrid lolos usai mengalahkan AS Monaco pada laga yang berlangsung di Wanda Metropolitano. Anak asuh Diego Simeone unggul dengan skor 2-0 lewat gol yang dicetak oleh Koke dan Antoine Griezmann.

Baca Juga:
Gol Christian Eriksen Jaga Asa Tottenham ke Babak 16 Besar

Sedangkan Borussio Dortmund lolos setelah bermain imbang dengan Club Brugge. Wakil Jerman ini lolos dengan status sebagai runner-up grup dengan mengumpulkan 10 poin. Hanya terpaut 2 poin dari Atletico sebagai pemuncak klasemen Grup A.

Tiket emas juga didapat oleh Barcelona. Lionel Messi dan kawan-kawan sukses mengalahkan PSV Eindhoven dengan skor 2-1 dalam laga di Grup C. Hasil tersebut membuat Blaugrana semakin kokoh di puncak klasemen dengan mengumpulkan 13 poin dan lolos sebagai juara grup.

Sementara laga menarik terjadi di Grup D. Meski FC Porto berhasil mengalahkan Schalke 04 dengan skor 3-1, namun keduanya sama-sama lolos ke babak 16 besar. Porto lolos sebagai juara grup dengan torehan 13 poin. Sedangakn Schalke lolos sebagai runner-up grup dengan koleksi 8 poin.

Baca Juga:
Hasil Lengkap Liga Champions: Liverpool Tunduk di Kandang PSG

Adapun keberhasilan Schalke lolos ke babak selanjutnya karena hasil minor yang didapat oleh Galatasaray. Klub asal Turki itu kalah dari Lokomotiv Moskva dengan skor 0-2. Hasil itu membuat posisi Galatasaray turun ke peringkat 3 dengan raihan 4 poin.

Berdasarkan situs resmi UEFA, berikut 12 tim yang berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2018/19:

Grup A: Atletico Madrid, Borussia Dortmund

Baca Juga:
PSS Sleman Promosi ke Liga 1, Pengorbanan Suporter Terbayarkan

Grup B: FC Barcelona

Grup D: FC Porto, Schalke 04

Grup E: Bayern Muenchen, Ajax Amsterdam

Baca Juga:
Dipastikan Promosi ke Liga 1, PSS Sleman Masih Kejar Gelar Juara

Grup F: Manchester City

Grup G: Real Madrid, AS Roma

Grup H: Juventus, Manchester United

Load More