Stephanus Aranditio
Manajer Manchester City, Pep Guardiola. (Twitter/@ManCity).

Bolatimes.com - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola mulai memikirkan tantangan baru dalam karier kepelatihannya, setelah membawa Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City juara, kini ia mulai memikirkan karier di level internasional.

Bersama tiga tim tersebut, Pep Guardiola telah meraih 24 trofi di semua kompetisi, 14 diantaranya datang saat kesuksesannya bersama Barcelona termasuk saat mengangkat trofi Liga Champions dua kali.

Namun, setelah melalui tahun-tahun di level klub, pelatih asal Spanyol itu mulai memikirkan untuk melatih di tim nasional dan menambah jam terbang di level internasional.

Baca Juga:
50 Gol Sudah Terlampaui, Mohamed Salah Kini Punya Ambisi Baru

''Saya ingin menjadi pelatih internasional di tim nasional. Saya ingin itu, ya,'' kata Pep Guardiola di Universitas Liverpool.

Pep Guardiola memberikan instruksi dari luar lapangan (Ian Kington/AFP)

Keinginannya itu berawal dari kelelahannya menangani klub yang memiliki kompetisi dengan jadwal yang padat, ia terkadang berpikir ingin pekerjaan yang punya waktu istirahat lebih seperti di timnas.

''Itu akan terjadi karena setiap tiga hari saya melatih tetapi sedikit lebih tenang, bermain golf lebih banyak, sekarang saya tidak punya waktu untuk bermain. Cepat atau lambat itu akan terjadi, jika aku punya kesempatan dengan tim internasional, jika mereka datang mengetuk pintuku,'' jelas Guardiola.

Baca Juga:
Legenda Chelsea Didier Drogba Resmi Gantung Sepatu

Namun hingga kini ia belum menentukan kapan dan tim nasional mana yang berminat ia latih, salah satu alasan Pep Guardiola sering berpindah klub adalah ia suka mempelajari suatu budaya tertentu. Ketika ia di Jerman ia otomatis mempelajari bahasa Jerman dan kini di Inggris ia harus lebih mendalami budaya inggris.

''Sebagai seorang pelatih, saya tinggal di Jerman dan sekarang di sini. Saya belajar bahasa Jerman ketika sebelumnya tidak mungkin untuk memahami. Keluarga saya tidak berbicara sepatah kata pun bahasa Inggris dan sekarang mereka berbicara dengan sempurna,'' tutup Pep Guardiola.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Gagal di AFF, Bima Sakti Minta Maaf kepada PSSI

Load More