Rendy Adrikni Sadikin | Rauhanda Riyantama
Jepang merayakan keberhasillnya lolos ke fase 16 besar Piala Dunia 2018

Bolatimes.com - Meski Jepang kalah 0-1 dari Polandia di Volgograd Arena, Kamis (28/6/2018). Tim berjuluk Samurai Blue ini menjadi runner-up Grup H dengan empat poin, selisih dua poin di belakang Kolombia.

Jepang sebenarnya memiliki poin yang sama dengan Senegal di posisi tiga, yang di partai ketiga tumbang 0-1 dari Kolombia. Keduanya bahkan seimbang sampai ke selisih gol, produktivitas gol, dan head to head.

Selain berimbang 2-2 saat bertemu, Jepang dan Senegal sama-sama punya selisih gol 0 dan membuat empat gol dalam tiga pertandingan. Walhasil, penentuannya ditentukan lewat catatan fair play.

Baca Juga:
Meski Kalah, Jepang Tetap Jadi Wakil Asia di 16 Besar Piala Dunia

 

Jepang berhak jadi runner-up karena punya kartu kuning lebih sedikit, yakni empat berbanding enam milik Senegal. Ini jadi pertama kali di Piala Dunia bahwa kelolosan dan eliminasi ditentukan oleh fair play.

Maka Jepang jadi tim yang pertama lolos karena aturan tersebut, sementara Senegal juga jadi tim yang pertama tersingkir karenanya.

Baca Juga:
7 Kelompok Hooligan Inggris Paling Berbahaya!

Jepang dan Kolombia selanjutnya akan menghadapi Inggris dan Belgia dari Grup G. Jepang akan menghadapi Belgia sebagai juara Grup G, sementara Kolombia melawan Inggris sebagai runner up Grup G.

Bolatimes.com/Rauhanda Riyantama

Baca Juga:
Akhirnya, Javier Pastore Resmi Jadi Milik AS Roma

Load More