Stephanus Aranditio | Rauhanda Riyantama
Ekspresi kiper Timnas Islandia, Hannes Thor Halldorson setelah berhasil menahan imbang Timnas Argentina.

Bolatimes.com - Nama kiper Timnas Islandia, Hannes Thor Halldorson semakin tenar di jagat sepak bola dewasa ini. Lantaran berhasil menghalau sepakan penalti mega bintang Timnas Argentina, Lionel Messi kala kedua tim bertemu di laga pertama penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 (16/6/2018).

Berkat aksi heroiknya itu, Hannes (34 tahun) mendapat banyak sorotan publik karena karier sepak bola bisa dibilang masih seumur jagung. Tercatat mulai debut profesionalnya tahun 2012 kala hijrah ke liga Norwegia.

Sebelumnya, Hannes berprofesi sebagai sutradara film. Banyak karya yang sudah ia telurkan. Bahkan, saat pemusatan latihan Timnas Islandia di Reykjavik jelang keberangkatan ke Rusia, ia masih sempat menyutradarai video yang menggambarkan dukungan Timnas Islandia yang berpadu keindahan alam. Walhasil, video itu mendapat banyak pujian.

Baca Juga:
Didier Drogba Sebut Cristiano Ronaldo Penyerang Terbaik di Dunia

Karya lainnya adalah ketika menyutradarai video klip lagu yang dinyanyikan oleh Greta Salome dan Jonsi. Karya itu ditujukan untuk mengikuti kontes Eurovison pada tahun 2012.

Ia pun bercerita saat konferensi pers di Rusia, menyusul pertanyaan dari awak media. "Saya kerap mendapat pertanyaan, apakah saya akan membuat film tentang diri sendiri," ujarnya.

Baca Juga:
Bermain Imbang 1-1 Lawan Denmark, Peluang Australia Makin Tipis

"Memang sulit dipercaya bagaimana semuanya bisa terjadi seperti ini. Tahun 2003 saya masih bermain di Leiknir (klub semipro di kasta kedua Liga Islandia). Saya menempuh perjalanan panjang untuk sampai di kondisi sekarang, dan ini memang sesuatu yang patut saya banggakan," tandasnya.

Hannes melanjutkan, untuk diangkat jadi sebuah film seharusnya ada semacam survei dulu apakah memang cerita ini layak. Dan yang terpenting orang lain yang membuatnya. "Saya tidak membuat film saya sendiri," pungkasnya.

Ibarat di Negeri Dongeng

Baca Juga:
Denmark untuk Sementara Ditahan 1-1 Australia di Babak Pertama

Karier Hannes di dunia sepak bola memang bak dongeng kanak-kanak. Secepat kilat ia mencuri perhatian dunia, mengingat sepanjang kariernya lebih banyak dihabiskan bermain di klub-klub kecil yang berstatus semipro di Islandia. Hanya pada tahun 2016 ia hijrah ke klub Randers, kasta tertinggi liga Norwegia.

Karier sepak bolanya pun sempat terancam saat hampir kehilangan jarinya. Musibah itu terjadi ketika menyutradarai video klip girlband Islandia bernama Nylon pada tahun 2004. Dan memaksanya naik ke meja operasi.

Hannes berkata pada orangtuanya bahwa ingin berhenti dari dunia sepak bola jika sembuh suatu saat nanti. Akan tetapi sang ayah melarang dan terus mendukung untuk tetap bermain bola.

Hingga akhirnya saat bentrok dengan Timnas Argentina, ia berhasil menahan sepakan penalti peraih lima Ballon d'Or, Lionel Messi.

Meski kini namanya melambung tinggi di pentas sepak bola dunia, Hannes mengungkapkan tak ingin meninggalkan dunia sutradara yang telah lama ditekuninya.

Banyak pesepak bola yang bermain di Islandia memiliki pekerjaan sampingan. "Salah satunya film maker, tapi mungkin ini yang paling aneh. Perpaduan yang tak biasa, pesepak bola dan film maker," tuturnya.

 

Bolatimes.com/Rauhanda Riyantama

Load More