Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Jerman. (Sumber: Dok. Sky News)

Bolatimes.com - Lima negara favorit juara gagal meraih kemenangan pada laga perdana di Piala Dunia 2018. Kelima negara itu adalah Portugal, Spanyol, Argentina, Jerman, dan Brasil. Keberadaan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadikan Portugal dan Argentina patut diwaspadai untuk jadi kandidat juara.

Jerman menjadi yang paling memprihatinkan. Juara bertahan Piala Dunia tersebut justru tumbang 0-1 dari Meksiko. Pemuda 22 tahun, Hirving Lozano menjadi mimpi buruk bagi Den Panzer.

Baca Juga:
Laga Tunda Persija Vs Persebaya Digelar 26 Juni 2018

Kekalahan tersebut menegaskan jika Jerman tengah mengalami tren buruk. Ya, sebelumnya mereka memang menang 2-1 dari Arab Saudi di laga uji coba terakhir. Namun, dalam lima laga sebelum itu mereka tak pernah sekalipun menang.

Kekalahan dari Meksiko pun menjadi sebuah peringatan bagi Jerman. Mereka wajib menang ketika menghadapi Swedia dan Korea Selatan jika ingin terus berjuang mempertahankan takhta Piala Dunia.

Brasil juga gagal menang ketika dihadang Swiss. Sempat mencetak gol melalui Philipe Coutinho, A Seleção justru dibalas oleh gol Steven Zuber.

Baca Juga:
Jerman Dikalahkan Meksiko, Hummels Kritik Strategi Joachim Loew

Hasil tersebut membuat langkah Brasil akan terasa berat. Pasalnya, Serbia dan Kosta Rika merupakan lawan yang tak kalah tangguh layaknya Swiss yang telah dihadapi.

Sebelum Jerman dan Brasil, nasib nahas juga dialami Argentina. Lionel Messi dan kolega dipaksa berbagai poin oleh negara debutan Islandia. Sempat memimpin lewat gol Sergio Aguero, pasukan Heimir Hallgrimsson itu langsung membalas lima menit kemudian lewat kaki Alfred Finnbogason.

Baca Juga:
Prediksi Belgia Vs Panama, Generasi Emas Lawan Tim Debutan

Tim Tango sebenarnya terus menekan untuk membalas, tetapi organisasi permainan yang apik dan rapatnya pertahanan Islandia membuat Argentina tak berdaya. Selanjutnya, pasukan Jorge Sampaoli akan ditunggu lawan yang tak kalah tangguh seperti Nigeria dan Kroasia yang dihuni Luka Modric, Ivan Rakitic dan Mario Mandzukic.

Dua tim favorit lainnya yang gagal menang di laga perdana adalah Spanyol dan Portugal. Keduanya dipertemukan di laga awal Grup B, enam gol pun tercipta dengan skor akhir 3-3.

Baca Juga:
Dilanggar 10 Kali oleh Pemain Swiss, Neymar Akui Merasa Sakit

Kendati demikian, hasil imbang ini dirasa baik untuk keduanya. Pada dua laga sisa mereka akan dihadapkan lawan yang tidak diunggulkan, Iran dan Maroko. Namun tetap saja, jika meremehkan bukan tidak mungkin Portugal dan Spanyol bisa terjungkal.

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More