Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Logo Piala Dunia 2018

Bolatimes.com - Piala Dunia 2018 tak lama lagi akan bergulir di Rusia. Turnamen akbar empat tahunan itu bakal dimulai pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018.

Pada gelaran Piala Dunia kali ini muncul beberapa kejutan. Tim kuat seperti Italia dan Belanda gagal lolos. Bahkan, Argentina juga nyaris gagal andai Lionel Messi tidak mencetak hat-trick ke gawang Ekuador pada laga pamungkas kualifikasi Piala Dunia 2018.

Namun, sebagai gantinya Piala Dunia menghadirkan dua wajah baru, Islandia dan Panama. Kedua negara itu untuk pertama kalinya akan tampil ke putaran final ajang paling akbar di dunia.

Baca Juga:
Robbie William Tambah Daftar Artis Top yang Meriahkan Piala Dunia

1. Islandia

Islandia menjadi negara terkecil yang lolos ke Piala Dunia 2018. Negeri di kutup utara itu berpenduduk sekitar 330 ribu jiwa.

Baca Juga:
Menanti Kejutan Islandia, Negara Terkecil di Piala Dunia 2018

Tetapi Islandia datang ke Rusia dengan mantap. Kemenangan 2-0 atas Kosovo pada babak kualifikasi Grup I di Laugardalsvollur, Senin (9/10/2017), membuat Islandia berhasil lolos dengan status juara grup. Pasukan Heimir Hallgrimson berhasil mengumpulkan 22 poin dari 10 laga.

Debut Islandia di Piala Dunia 2018 tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya ketika mereka bertarung di Piala Eropa 2016 mampu melangkah hingga babak delapan besar. Mereka mampu menahan imbang Portugal di fase grup dan mengalahkan Inggris di babak delapan besar.

2. Panama

Baca Juga:
Bek Rusia Ini Siap Tiru Cara Ramos Hentikan Salah di Piala Dunia

Untuk pertama kalinya Panama akan tampil di Piala Dunia. Perlu perjuangan keras bagi skuat berjuluk Los Canaleros untuk bisa pergi ke Rusia. Sebelumnya, Panama finis di posisi ketiga zona Concacaf dan memaksa Panama melakoni laga terakhirnya menghadapi Kosta Rika.

Beruntung, saat laga tampak akan berakhir imbang 1-1, dua menit menjelang Panama berhasil mencetak gol lewat sundulan Roman Torres. Panama pun menang 2-1 atas  Kosta Rika.

Baca Juga:
Ini Jadwal Pertandingan di Grup A Piala Dunia 2018 Rusia

Kemenangan tersebut membuat mereka mengungguli perolehan poin Amerika Serikat (AS) yang takluk dari Trinidad dan Tobago dan unggul selisih gol atas Honduras yang menang 3-2 atas Meksiko.

Panama berhak lolos secara otomatis, sementara Honduras melaju ke babak play-off untuk menghadapi wakil Asia, Australia dan AS secara mengejutkan harus tersingkir.

Di Piala Dunia 2018, Islandia tergabung di Grup D bersama Argentina, Nigeria, dan Kroasia. Sedangkan Panama, mereka berada di Grup G bersama Belgia, Inggris, dan Tunisia. Kiprah Islandia dan Panama pun menarik untuk dinantikan.

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More