Husna Rahmayunita
Ilustrasi voli putri. (ANTARA/REUTERS/Ivan Alvarado).

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Voli Putri Indonesia Alim Suseno menyebut  skuadnya masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki meski sudah mengunci tiket di semifinal SEA Games 2023.

Timnas voli putri Indonesia melaju ke semifinal setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 3-0 (25-9, 25-9, 25-15),  Kamis (11/5/2023). 

"Memang kita lolos ke semifinal. Namun masih banyak hal yang harus diperbaiki terutama receive. Ada waktu satu hari sebelum laga semifinal," ujar Alim Suseno.

Baca Juga:
3 Alasan Bintang Timnas Malaysia Safawi Rasid Cocok Berkarier di Liga Indonesia

Pada laga pertama, Megawati Hangestri dan kawan harus menyerah dari Thailand 0-3 (16-25, 16-25, 16-25) dan di pertandingan kedua menang atas Malaysia dengan skor 3-0 (25-12, 25-9, 25- 12).

Pada laga penentuan itu pelatih Alim Suseno menurunkan pemain terbaik yang ada saat ini, Megawati Hangestri (Opposite hitter), Tisya Putri (Setter), Wilda Siti Nurfadhila (Midlle blocker), Agustin Wulandhari (Midlle blocker), Ratri Wulandari (Outside hitter), dan Medi Yoku (Outside hitter).

Melihat lawan yang berada satu level di bawah, Wilda Nurfadhila dan kawan-kawan langsung menggebrak sehingga unggul cepat 10-2. Permainan di set pertama tampak tidak seimbang, namun Myanmar tidak langsung menyerah.

Baca Juga:
SEA Games 2023: Gagal Raih Emas, Tim Bulu Tangkis Putri Indonesia Diminta Balas Dendam di Nomor Individu

Smes keras Agustin Wulandari-pun mampu di blok dan sukses memangkas defisit poin. Hanya saja Indonesia terlalu tangguh dan mengambil set pertama dengan 25-9.

Memasuki set kedua, Ratri Wulandari membawa timnas unggul cepat dengan skor 9-2. Dominasi tim asuhan Alim Suseno itu terus terjadi sehingga membuat perolehan skor semakin menjauh 19-4.

Wilda yang sempat ditarik keluar kembali masuk ke lapangan dan Ratri yang banyak mengemas poin diberikan istirahat. Sejumlah pemain yang kurang jam terbang juga dimainkan. Hasilnya set kedua tetap untuk Indonesia dengan 25-9.

Baca Juga:
Tiba di Qatar, Erick Thohir Ditemani Shin Tae-yong Hadiri Drawing Piala Asia 2023 untuk Timnas Indonesia

Di awal set ketiga, Myanmar mencoba melakukan gebrakan dan mampu menahan skor 2-2. Namun, upaya yang dilakukan mulai terganjal dengan servis keras dari Ratri Wulandari meski secara poin mendekat menjadi 6-8.

Tak ingin Myanmar bangkit, Agustin Wulandari dan kawan-kawan berusaha main taktis meski beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Beruntung timnas voli putri tetap tenang dan mengakhiri set ketiga dengan 25-15.

Pada babak semifinal, timnas voli putri Indonesia bakal menghadapi juara Grup B dan kemungkinan besar adalah Vietnam, Sabtu (13/5).

Baca Juga:
Suporter Vietnam Akui Siap Ketemu Timnas Indonesia U-22 Di Semifinal, Ajak Main Santai saat Lawan Thailand

(Antara)

Load More