Rauhanda Riyantama
Perenang Paralimpiade Tokyo 2020 asal Amerika Serikat, Haven Shepherd. (Instagram/havenfaithshepherd)

Bolatimes.com - Aktivitas renang dan joging menjadi olahraga kadiovaskular yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Aktivitas fisik ini memang menjadi salah satu cara yang baik untuk menjaga kesehatan.

Dikutip dari Healthline, renang dan joging sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dari sisi kardiovaskular maupun untuk membakar kalori.

Beberapa hal yang ditawarkan dari aktivitas berenang ialah dapat meningkatkan detak jantung. Selain itu, olahraga ini juga bisa memperkuat dan mengencangkan otot tubuh, baik itu bagian atas maupun bawah.

Sementara itu, joging atau berlari santai juga tak jauh berbeda. Selain menjadi kegiatan melatih kardiovaskular, olahraga ini sangat penting untuk mengencangkan otot bagian bawah. Tak hanya itu, joging juga bisa membakar kalori dengan cepat.

Menurut hasil penelitian Harvard Medical School, aktivitas renang dan joging dengan intensitas rendah memang bisa membantu membakar kalori.

Orang dengan berat badan 56 Kg bisa membakar hingga 180 kalori jika berenang selama 30 menit. Sedangkan jika dilakukan dengan intensitas tinggi, maka kalori yang terbakar mencapai 300.

Sementara itu, aktivitas joging yang dilakukan dengan kecepatan 12 menit per mil dengan berat badan yang sama bisa membakar 240 kalori.

Namun, angkanya bisa melonjak jika dilakukan dengan intensitas tinggi. Dengan kecepatan 8 menit per mil, kalori yang dibakar mencapai 375.

Manfaat Joging

Olahraga joging menjadi salah satu aktivitas yang menyajikan beberapa manfaat untuk kesehatan, beberapa di antaranya yakni: 

- Bisa membakar kalori lebih banyak

- Olahraga yang sangat mudah dan murah untuk dilakukan.

- Bisa meningkatkan kepadatan tulang jika dilakukan dengan latihan menahan beban.

- Menawarkan dosis vitamin D jika dilakukan di luar ruangan pada pagi hari.

Manfaat Renang

Olahraga renang memang menawarkan sejumlah manfaat bagi tubuh. Aktivitas ini memang cukup membantu menjaga kebugaran dan kesehatan. Beberapa di antaranya ialah:

- Bermanfaat bagi penderita gangguan sendi karena aktivitasnya lebih mudah dilakukan oleh persendian.

- Sangat membantu pergerakan seluruh tubuh.

- Lebih aman dilakukan bagi orang yang baru pulih dari cedera.

- Menjadi salah satu cara untuk membakar kalori.

Lebih Sehat yang Mana?

Berdasarkan penjelasan di atas, aktivitas renang dan joging memang sama-sama dilakukan untuk melatih kardiovaskular. Dengan demikian, kita bisa memilih olahraga yang mana saja karena memiliki manfaatnya masing-masing. 

Hal ini bisa juga disesuaikan dengan preferensi pribadi, kondisi kesehatan, dan gaya hidup masing-masing

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More