Husna Rahmayunita
Ilustrasi Sholat Ied. (Freepik)

Bolatimes.com - Amalan sunnah sebelum sholat Idul Fitri yang bisa dilakukan umat muslim untuk memperoleh pahala di hari kemenangan.

Hari Raya Idul Fitri 1444 H sudah tiba. Umat muslim merayakan hari kemenangan yang jatuh pada Sabtu 22 April 2023.

Sholat Idul Fitri menjadi salah satu ibadah sunnah saat Lebaran hari pertama yang biasanya ditunaikan oleh umat muslim.

Sebelum sholat Idul Fitri, terdapat amalan sunnah yang bisa dikerjakan untuk memperoleh atau memperbanyak pahala.

Berikut empat amalan sunnah sebelum sholat Idul Fitri supaya pahala berlimpah seperti dikutip dari Suara.com.

1. Makan Terlebih Dahulu

Sebelum sholat idul fitri justru disunahkan untuk makan. Rasulullah bahkan menganjurkan untuk memakan kurma dengan jumlah ganjil sebelum menunaikan ibadah sunnah dua rekaat tersebut.

2. Memperbanyak Takbir

Dalam Islam, hari baru pada dasarnya dimulai ketika Magrib. Jadi begitu tahu hari berikutnya adalah Idul Fitri, maka disunnahkan untuk memperbanyak takbir.

Takbir juga merupakan sunnah Rasul. Takbir idul fitri yang dilafalkan adalah sebagai berikut:

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La Ilaha Illa Allah, Allahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahi Alhamd.

Artinya: Allah adalah yang paling agung, tidak ada yang berhak disembah selain Allah. Allah adalah yang paling agung, dan bagi Allah adalah milik semua pujian.

Takbir tidak hanya dikumandangkan pada malam sebelum sholat Idul Fitri, namun juga di hari raya baik setelah selesai salat, bahkan ketika melakukan aktivitas harian seperti memasak, menyetir, dan bekerja.

3. Menggunakan Pakaian Terbaik dan Wewangian

Amalan sunnah selanjutnya adalah mengenakan pakaian terbaik dan wewangian ketika Hari Raya Idul Fitri. Pakaian terbaik tidak harus pakaian yang baru, yang terpenting rapi dan bersih. Selain itu, Rasulullah juga memakai wewangian.

Sunnah ini sesuai dengan hadis riwayat Al Hakim, “Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya." (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak)

4. Menunaikan Sholat Idul Fitri dan Mendengarkan Kutbah

Tidak lengkap rasanya jika Hari Raya Idul Fitri dilalui tanpa sholat id. Sholat tersebut hukumnya sunnah muakadah atau sangat dianjurkan untuk menjalankannya.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan semua orang untuk pergi salat id baik pria, perempuan, anak-anak, bahkan wanita yang sedang menstruasi untuk bergabung mendengarkan doa dan kutbah usai sholat Idul Fiti,

Itulah amalan sunnah sebelum salat Idul Fitri.

(Nadia Lutfiana Mawarni)

Load More