Rauhanda Riyantama
Ilustrasi kantung mata. (freepik)

Bolatimes.com - Berikut cara menghilangkan mata panda, sebuah kondisi di mana terdapat sebuah lingkaran hitam di sekitar mata yang dapat mempengaruhi penampilan.

Mata panda menjadi salah satu kondisi yang dihindari oleh banyak orang karena merupakan masalah kesehatan ringan yang cukup mengganggu penampilan.

Pasalnya, wajah seseorang akan terlihat menua karena kehadiran mata panda, sehingga membuat seseorang kadang merasa tak percaya diri.

Adapun penyebab mata panda pun disebabkan banyak hal, seperti pigmentasi berlebihan, penumpukan lemak, munculnya kerutan, serta penipisan kulit di sekitar area mata.

Selain itu, ada pula penyebab lainnya seperti kekurangan Vitamin, sinusitis, efek terapi estrogen, trauma, dan bahkan paling awam adalah kurang tidur.

Karenanya, banyak yang menghindari hadirnya mata panda di sekitar area mata agar penampilannya tak begitu mengganggu.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari atau menghilangkan mata panda di sekitar area mata. Lantas, apa saja cara-cara tersebut? Berikut rangkumannya.

1. Gunakan Eye Cream Mata

Salah satu cara menghilangkan mata panda adalah dengan menggunakan Eye Cream yang memiliki formula aktif untuk mencegah Hiperpigmentasi.

Formula aktif tersebut antara lain seperti Vitamin C, Azelaic Acid, atau Retinoid secara teratur agar mata panda bisa hilang.

2. Peremajaan Kulit

Peremajaan kulit di area wajah bisa dilakukan untuk menghilangkan mata panda. Salah satu caranya dengan melakukan tindakan medis.

Tindakan medis yang dilakukan untuk menghilangkan mata panda bisa dilakukan dengan cara PRP atau Platelet-Rich Plasma yang merupakan plasma darah yang telah diperkaya dengan trombosit.

3. Transplantasi Lemak Autologus

Bagi mata panda yang disebabkan karena kurangnya fleksibilitas kulit, maka bisa dihilangkan dengan cara transplantasi lemak autologus.

Transplantasi lemak autologus ini merupakan sebuah metode pencangkokan lemak sel induk agar kulit bisa lebih elastis sekaligus mencerahkan warna kulit.

4. Suntik Filler Hyaluronic Acid

Suntik Filler Hyaluronic Acid menjadi salah satu metode menghilangkan mata panda yang disebabkan garis-garis halus di bawah mata.

Senyawa Filler Hyaluronic Acid ini bisa menarik ari dan meningkatkan volume air di kulit wajah. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, kadar asam hialuronat berkurang sehingga kulit tak lagi kencang dan muncul kerutan.

5. Menggunakan Kompres Dingin

Mata panda bisa dihilangkan dengan cara mengkompres menggunakan air dingin, karena pembuluh darah di bawah sekitar mata melebar.

Sehingga, cara untuk mengecilkan pembuluh darah yang besar bisa dilakukan dengan mengkompres bagian bawah mata dengan es batu.

6. Menggunakan Minyak Almond atau Gel Lidah Buaya

Jika ingin menggunakan bahan alami, mata panda bisa dihilangkan dengan menggunakan minyak almond atau gel lidah buaya.

Menurut penelitian, bahan-bahan itu memiliki antioksidan dan antiradang yang bisa mengurangi warna gelap dan pembengkakan pada mata.

7. Waktu Tidur yang Cukup

Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan mata panda adalah mencukupi waktu tidur yakni sekitar 7-9 jam setiap malamnya.

Hindari kebiasaan begadang atau kebiasaan tidur larut malam agar tubuh bisa istirahat dengan cukup agar tidak kelelahan dan area sekitar mata menghitam.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More