Rauhanda Riyantama
Noussair Mazraoui nampak berbuka puasa di tengah pertandingan berlangsung. (Dok. BT Sports)

Bolatimes.com - Manfaat makan kurma saat buka puasa akan dibahas lebih lanjut dalam artikel kali ini. Kurma sendiri menjadi salah satu jenis makanan yang biasa dikonsumsi saat buka puasa.

Saat berbuka puasa, Anda disarankan mengonsumsi berbagai makanan yang menyehatkan seperti buah, termasuk kurma. Buah ini memiliki berbagai manfaat saat berbuka puasa.

Para pesepak bola dunia Muslim, seperti Karim Benzema misalnya, juga sempat membagikan momen dirinya berbuka puasa menggunakan kurma.

Baca Juga:
Jika Ingin Tampil Reguler di KMSK Deinze, Marselino Ferdinan Harus Perbaiki Satu Kekurangannya

Pun dengan eks pemain Persib Bandung, Esteban Vizcarra, yang memutuskan menjadi mualaf pada 2012 lalu. Ia memilih kurma sebagai menu untuk berbuka.

Lantas, apa saja manfaat kurma saat buka puasa?

1. Menjadi Sumber Energi

Baca Juga:
Al Hilal Tawari Lionel Messi Gaji Rp6,5 Triliun per Tahun, Dua Kali Lipat Lebih Banyak dari Ronaldo

Setelah menjalani puasa sehari penuh, tentu tubuh memerlukan asupan untuk menambah energi. Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition menyebutkan bahwa mengonsumsi kurma bisa membantu Anda mendapatkan kembali energi yang telah hilang selama beraktivitas.

Terlebih untuk atlet yang masih harus menjalani aktivitas berat seperti berlatih atau bertanding, maka diperlukan sumber makanan yang bisa memulihkan energi.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Baca Juga:
Tak Menyerah, Thomas Doll Ingin Bawa Persija Jakarta Jadi Runner Up BRI Liga 1

Tubuh akan menggunakan gula yang disimpan dalam hati dan otot untuk menghasilkan energi saat berpuasa. Kondisi ini membuat lebih rentan mengalami penurunan kadar gula darah saat berpuasa.

Kurma yang memiliki kandungan gula alami, sehingga baik dikonsumsi saat berbuka puasa untuk mengembalikan kadar gula menjadi normal.

3. Mencegah Makan Berlebih saat Buka Puasa

Baca Juga:
Cetak Rekor Jadi Pemain Debutan Termuda di BRI Liga 1, Arkhan Kaka Sampaikan Pesan Haru untuk Ayahnya

Manfaat makan kurma saat buka puasa selanjutnya adalah menahan kita untuk makan berlebihan saat berbuka. Kondisi ini sangat penting karena kondisi perut yang masih kosong.

Setelah satu hari berpuasa sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan saat berbuka, hal ini bisa memicu perut tidak nyaman atau perut kembung

Mengkonsumsi buah kurma saat berbuka akan mencegah Anda mengonsumsi makan berlebihan karena bisa membuat Anda merasa kenyang.

4. Menjaga Pencernaan

Manfaat makan kurma saat buka puasa selanjutnya adalah menjaga pencernaan. Hal ini dikarenakan kurma memiliki serat yang sangat tinggi.

Kandungan serat yang tinggi akan sangat baik bagi saluran pencernaan, terutama jika Anda sering mengalami sembelit.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More