Kamis, 21 November 2019
Rauhanda Riyantama : Rabu, 11 September 2019 | 18:00 WIB

Bolatimes.com - Pemandangan tak biasa tersaji di stadion sepak bola. Bukan pemain dan juga riuhnya penonton, melainkan lebatnya pepohonan yang tumbuh subur di tengahnya.

Melansir dari CNN, tumbuhnya hutan tersebut bukan karena stadionnya tak terurus, melainkan sebuah instalasi seni karya seniman asal Swiss, Klaus Littmann. Ide awalnya adalah untuk mengkritik tentang perubahan iklim dan penebangan hutan alias deforestasi.

''Situasi ini bisa menjadi peringatan dan bahan diskusi bagi kita mengenai perubahan iklim,'' jelas Klaus Littmann.

Yang menjadi venue instalasi seni tersebut adalah Stadion Worthersee di Klagenfurt, Austria. Kandang milik klub divisi dua, SK Austria Klagenfurt.

Stadion Worthersee di Austria berubah jadi hutan lebat. (Instagram/forforestklagenfurt)

Karya yang mengusung tema 'For Forest - The Unending Attraction of Nature' itu resmi dibuka pada 8 September 2019. Terdapat lebih dari 300 pohon yang memenuhi stadion itu, mulai dari pohon alder, aspen, willow putih, hornbeam, maple dan ek.

Klaus Littmann pun mengaku bahwa karyanya ini terinspirasi dari lukisan milik seniman Austria, Max Peintner yang sudah dibuat pada tahun 1970-an. Dalam lukisan itu tergambar hutan yang tumbuh di tengah stadion, lengkap dengan ramainya suporter.

Instalasi seni ini pun dibuka untuk umum tanpa dipungut biaya sepeser pun. Pengunjung bisa datang setiap hari mulai pukul 10.00 pagi - 22.00 malam hingga 27 Oktober 2019.

Stadion Worthersee di Austria berubah jadi hutan lebat. (Instagram/forforestklagenfurt)

Jika sudah selesai, hutan tersebut akan dipindahkan dan ditanam lagi di luar stadion. Sementara selama stadion masih digunakan, SK Austria Klagenfurt harus mengungsi di stadion kecil di dekatnya.

Sebagai informasi, sebelum jadi lahan berseni, Stadion Worthersee sempat digunakan untuk ajang Piala Eropa 2008. Stadion ini digunakan untuk menggelar pertandinangan Grup B yang berisikan Jerman, Kroasia, Polandia, dan tuan rumah Austria.

Selain itu, stadion berkapasitas 32.000 tempat duduk itu juga pernah digunakan untuk melangsungkan partai besar antara Bayern Munchen kontra Paris Saint-Germain pada ajang International Champions Cup 2018.