Rauhanda Riyantama
Selebrasi para pemain PSG unsai mencetak gol ke gawang Manchester United pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim 2018/2019 di Stadion Old Trafford, Rabu (13/2/2019). (FRANCK FIFE / AFP)

Bolatimes.com - Jaringan hotel multinasional bernama Accor baru-baru ini menandatangani kontrak kerja sama dengan klub kaya raya Liga Prancis, Paris Saint-Germain. Accor akan menjadi sponsor utama klub dengan menggantikan Fly Emirates mulai musim kompetisi 2019-2020.

Sementara info detail terkait nilai hingga durasi kerja sama antara Accor dengan PSG belum diumumkan kepada publik. Namun media Prancis, Le Parisien, mengungkapkan jika PSG kini masuk empat besar klub Eropa dengan nilai sponsor termahal sejagat.

Dugaan sementara, Accor dan PSG sepakat dinilai sekitar 51-53 juta euro atau sekitar Rp 813 -845 miliar per musim. Yang berarti PSG berada di antara Barcelona (Rakuten/51 juta euro) dan Chelsea (Yokohama/53 juta euro).

Ketika masih bersama Fly Emirates, PSG hanya masuk dalam 10 besar klub Eropa dengan nilai sponsor termahal. Sponsor maskapai penerbangan itu hanya membayar 28 juta euro per tahun.

Setelah menjalin kerja sama dengan Accor, otomatis daftar klub dengan sponsor termahal berubah. Dirangkum Bolatimes dari Inside Sport, berikut lima klub dengan nilai sponsor termahal.

1. Real Madrid (Fly Emirates - 73 juta euro)

Para pemain Real Madrid merayakan gol Lucas Vazquez ke gawang Barcelona di laga El Clasico pada 6 Februari 2019 (Lluis Gene/AFP)

Posisi pertama diduduki oleh Real Madrid. Los Blancos  telah menjajaki kerja sama dengan Fly Emirates sejak 2013. Ketika itu Fly Emirates menggantikan Bwin yang lebih dulu menjadi sponsor utama sejak 2007-2013.

Namun pada 2017, Real Madrid memperpanjang kontrak dengan Fly Emirates dengan durasi lima tahun. Nilai kontraknya pun meningkat menjadi 73 juta euro atau sekitar Rp 1,1 triliun per musim.

2. Manchester United (Chevrolet - 70 juta euro) 

Para pemain Manchester United merayakan gol Paul Pogba ke gawang Fulham pada 9 Februari 2019. (Ian Kington/AFP)

Posisi kedua ditempati oleh Manchester United. Pada 2014, The Red Devils menjalin kerja sama dengan perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors, untuk menjadi sponsor utama.

Memiliki nilai sebesar 70 juta euro per musim, General Motors memilih salah satu mereknya, Chevrolet untuk dipamerkan di bagian dada seragam Setan Merah.

Load More