Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Vincenzo Iaquinta saat membela Italia di babak pennyisihan grup di Piala Dunia 2010 pada 24 Juni 2010 (Pierre-Philippe Marcou/AFP)

Bolatimes.com - Mantan penyerang Timnas Italia sekaligus juara Piala Dunia 2006, Vincenzo Iaquinta mendapat hukuman dua tahun penjara karena kasus kepemilikan senjata api dan diduga memiliki kaitan dengan organisasi mafia di Italia.

Vincenzo Iaquinta merupakan satu dari 148 orang yang disidang karena diduga memiliki kaitan dengan sebuah organisasi yang bernama ''Ndrangheta'', jaringan mafia Italia selatan, Calabria.

Hakim pengadilan memang membebaskan tuduhan dari Iaquinta atas keterlibatannya langsung dengan mafia tersebut. Akan tetapi, sang ayah dinyatakan bersalah dan mendapat hukuman penjara selama 19 tahun.

Baca Juga:
Lucu! Anak SD Ini Tiru Conor McGregor di Pesta Halloween

Ayah Iaquinta adalah satu dari 120 orang yang dinyatakan bersalah atas keterlibatan dengan mafia tersebut.

Pengadilan memutuskan bahwa Vincenzo Iaquinta secara ilegal menyerahkan dua senjata api kepada ayahnya yang saat itu berada di bawa perintah pengadilan yang melarangnya memilki senjata api.

Mendengar hasil putusan sidang, Vincenzo Iaquinta dan ayahnya tidak terima dengan hasil putusan sidang tersebut dan berteriak kepada hakim.

Baca Juga:
Baru 60 Jam, Solari Bawa Real Madrid Menang di Copa del Rey

Aksi Vincenzo Iaquinta saat membela Italia di babak pennyisihan grup di Piala Dunia 2010 pada 24 Juni 2010 (Francois-Xavier Marit/AFP)

''Ini konyol, memalukan. Di keluarga kami, kami bahkan tidak tahu apa 'Ndrangheta itu'. Itu tidak mungkin,'' bela Vincenzo Iaquinta dikutip dari Reuters

''Mereka menghancurkan hidup saya dari ketiadaan, karena saya berasal dari Calabria. Saya menderita untuk keluarga dan anak-anak saya, dan saya tak melakukan apa-apa,'' lanjutnya.

Menurut hakim Italia, terdakwa diperbolehkan mengajukan banding sebanyak dua kali sebelum putusan tersebut menjadi definitif. Bahkan jika hukuman itu akhirnya dikonfirmasi. Sangat tidak mungkin Iaquinta akan mendekam dipenjara untuk pelanggaran yang dihadapinya.

Baca Juga:
139 Hari Kerja, Julen Lopetegui Dapat Pesangon Rp 51,6 Miliar

Vincenzo Iaquinta merupakan mantan penyerang Juventus yang mengawali kariernya bersama klub Reggiolo pada tahun 1966. Ia juga sempat bermain untuk Padova, Cesena, dan Castel di Sangro di sepanjang 16 tahun kariernya.

Karier terbaiknya didapat pada tahun 2006 saat Iaquinta bersama Timnas Italia menjuarai Piala Dunia pada tahun itu di bawah asuhan Marcelo Lippi.

Baca Juga:
Hasil Keputusan Komisi Banding Terhadap Persib Bandung

Load More