Galih Priatmojo
Cristiano Ronaldo saat jalani debutnya bersama Juventus (@IndyFootball/Twitter)

Bolatimes.com - Dalam beberapa kesempatan kala menyaksikan pertandingan sepak bola barangkali kamu pernah melihat ritual unik pemain top dunia yang mengayunkan tangannya ke atas rumput sebelum memasuki lapangan atau menepuk atap lorong stadion sebelum berlaga.

Atau masih hangat di ingatan bagaimana para penggawa Timnas Prancis yang melakoni ritual mengelus jenggot Adil Rami sebelum berlaga di Piala Dunia 2018 lalu. Beberapa pemain termasuk Antoine Griezmann memercayai dengan mengelus jenggot rekannya di Timnas Prancis itu bisa memberikan keberuntungan baginya.

Meski tak bisa dinalar, tetapi berkat ritual unik itu, Antoine Griezmann dkk mampu memenangi tiap pertandingan hingga akhirnya jadi kampium Piala Dunia 2018.

Baca Juga:
Kurniawan Sebut Pemain yang Dipanggil ke Timnas Atas Arahan Milla

Yap, diakui atau tidak, bagi sebagian pesepak bola, ritual adalah bagian penting yang bahkan jadi kebiasaan sebagai sarat agar laga yang dilakoni bisa berjalan baik atau bahkan bisa dimenangkan.

Bagi kamu yang penasaran siapa saja pemain top dunia yang memiliki ritual unik sebelum atau bahkan saat bertanding, berikut Bolatimes sajikan.

Philippe Coutinho

Baca Juga:
Tutup Cukup Lama, Bar Milik Kakek Iniesta Akan Dibuka Kembali

Pemain yang baru saja diboyong Barcelona dari Liverpool dengan bandrol Rp 2,01 triliun ini ternyata memiliki ritual sebelum berlaga.

Pemain Barcelona Philippe Coutinho [AFP]

Seperti dilansir dari Mirror, pemain Timnas Brasil itu selalu memanjatkan sebuah doa sebelum melakoni pertandingan.

''Saya selalu berdoa sebelum pertandingan berlangsung. Itu merupakan kebiasaan saya sebelum bermain. Saya percaya kepada Tuhan dan selalu berterima kasih kepada-Nya ketika memiliki kesempatan,'' ungkapnya.

Baca Juga:
Blak-blakan Kurniawan Didapuk Sebagai Caretaker Timnas Indonesia

Naby Keita

Gelandang anyar Liverpool yang baru saja didatangkan dari klub Jerman Red Bull Leipzig pada bursa transfer musim panas kemarin memiliki ritual yang juga unik.

Aksi Naby Keita saat menghadapi West Ham (12/8) [Oli Scarff/AF]

Dilansir dari laman resmi Liverpool, keita diketahui selalu menelepon atau berbicara kepada sang ibu. Kemudian setelah itu ia memanjatkan doa untuk kelancaran pertandingan dan tim.

Baca Juga:
Ini Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Mauritius

''Ya saya melakukan itu setiap pertandingan. Saya juga memanjatkan doa untuk kedua tim sehingga tidak terjadi hal yang buruk seperti cedera parah,'' terangnya.

Wah salut banget ya sama Keita hatinya ternyata seperti berlian.

Mesut Ozil

Penyerang Arsenal yang baru saja mengumumkan pensiun dari Timnas Jerman ini ternyata memiliki ritual unik juga.

Dikutip dari Daily Mail, Ozil diketahui melakukan ritual dengan mendahulukan yang kanan terlebih dahulu kemudian baru yang kiri. Hal ini dilakukan terutama ketika ia mengenakan sepatu bolanya. Ia akan mengenakan sepatu yang sebelah kanan dulu baru kemudian yang kiri.

ozil/instasgram

Selain itu ia juga menggunakan teknik mengikat tali sepatu yang beda dari yang lain. Ia memercayai dengan teknik yang beda itu dapat meningkatkan kemampuannya merasakan bola dengan kakinya.

''Karena saya religius saya juga selalu melangkah dengan kaki kanan dulu setiap masuk lapangan,'' tambahnya.

Cristiano Ronaldo

Nah, pemain top dunia yang satu ini ternyata juga tak kalah. Pemain yang baru saja diboyong ke Juventus dari Real Madrid dengan bandrol fantastis ini memiliki ritual yang membuatnya tetap mempesona di lapangan.

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo Debut Melawan Chievo (AFP)

Cristiano Ronaldo ternyata gemar berlama-lama di depan cermin sebelum pertandingan. Entah merenung atau meresapi ketampanannya, namun sepertinya ritual itu sejauh ini membuatnya selalu tampil menawan saat di atas lapangan, meskipun hingga pekan ketiga Serie A ini, pemain yang berjuluk CR7 itu urung sekalipun mencetak gol.

David Beckham

Mega bintang yang sudah pensiun ini dikenal sebagai pemain yang kharismatik. Bahkan hingga saat ini setelah gantung sepatu pun pesonanya seolah tak pernah luntur.

Pemain yang dikenal memiliki tendangan gledek ini ternyata juga tak luput dari melakukan ritual. Mantan penggawa AC Milan, Real Madrid dan Paris Saint Germain ini diketahui memiliki ritual unik lho.

Ronaldinho (kiri) dan David Beckham (kanan). (Sumber: Dok. Sportkeeda).

Suami dari Victoria Beckham ini disebut mengidap gangguan obsesif kompulsif (OCD) yang salah satu efeknya yakni berhasrat semua yang ada di sekelilingnya harus serba sempurna.

Nah, setiap akan bertanding, ketika menginap di hotel, sosok yang masuk dalam jajaran pemain top dunia ini selalu berusaha menata kamarnya agar tampil sempurna, misal minuman yang ada di lemari es harus genap dan semua yang ada di kamarnya tertata posisinya.

Mantep ga tuh.

 

Load More