Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Timnas Kolombia. (Sumber: Twitter/@FCFSeleccionCOL)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2018 menjadi panggung eksis bagi negara di seluruh dunia, sebanyak 32 negara pun turut ambil bagian di sana. Melalui Piala Dunia, kita bisa mengenali negara-negera di berbagai belahan dunia.

Mereka pun memiliki kultur, bahasa, budaya yang berbeda, termasuk sebuah nama sebutan.

Seperti salah satu negara kontestan Piala Dunia 2018. Negara tersebut memiliki nama yang unik. Yang dimaksud adalah Kolombia. Negara di Amerika Selatan itu memiliki julukan Los Cafeteros, jika diartikan dengan bahasa Indonesia berarti penghasil kopi.

Baca Juga:
Host Piala Dunia 2018 Sandra Olga Dikritik, Duh Ini Pemicunya

Kolombia sendiri memang dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Rata-rata produksi kopi tahunan mereka mencapai 11,5 juta kantong.

Kopi Kolombia pun kerap dinikmati di lima negara seperti Amerika Serikat, jepang, Prancis, Jepang, dan Italia.

Baca Juga:
Dikartu Merah, Pemain Kolombia Masuk Buku Sejarah Piala Dunia

Dunia internasional pun melalui PBB sudah mengakui kapasitas Kolombia sebagai penghasil kopi terbaik dunia. Bahkan, pada 2011, UNESCO mendeklarasikan Kolombia sebagai sebuah kultur dari kopi dan seluruh asetnya disebut menjadi warisan dunia.

Di Indonesia sendiri, kopi menjadi sebuah sajian yang umum untuk dinikmati sehari-hari. Bahkan, pada 2018 penikmat kopi di tanah air meningkat delapan persen lebih besar daripada konsumsi kopi dunia yang hanya enam persen.

Baca Juga:
130.000 Merchandise Palsu Piala Dunia Disita

Menurut data International Coffee Organization (ICO) yang dilansir dari mediaindonesia.com, tingkat konsumsi yang tinggi tersebut juga dipengaruhi kualitas kopi Indonesia yang sudah mendunia sejak lama.

Selain itu, kopi Indonesia juga masuk sebagai salah satu kopi terbaik dunia. Hasil pertanian kopi nusantara menempati posisi empat di bawah Brasil, Kolombia, dan Vietnam.

 

Baca Juga:
Salut, Fan Senegal Punguti Sampah Usai Saksikan Pertandingan

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More