Kurnia Hartadi | Kurnia Hartadi
Kilas balik Timnas Indonesia di ajang Piala Asia (@timnas.indonesia)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong akan mengikuti kompetisi sepak bola tingkat Asia, atau yang dikenal dengan Piala Asia pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang.

Keikutsertaan Timnas Indonesia pada tahun depan itu, merupakan partisipasi Skuad Garuda untuk kali kelima sejak 1996 silam.

Sebelumnya Timnas telah berpartisipasi pada 1996, 2000,2004,2007 dan kali ini pada 2023, Indonesia lolos setelah menjadi salah satu dari 5 runner-up terbaik.

Baca Juga:
Media Vietnam Bandingkan Kualitas Pemain Liga Inggris Timnas Indonesia dan Jepang: Beda Kelas!

Debut Timnas Indonesia diajang Piala Asia dimulai pada tahun 1996 di Uni Emirat Arab, kala itu Indonesia lolos kualifikasi sebagai juara grup 2, sayang Skuad Garuda tidak lolos di fase grup dengan menjadi juru kunci Grup A.

Pada tahun 2000 Piala Asia digelar di Lebanon, Timnas Indonesia lolos kualifikasi dengan menjadi juara Grup 7, namun kembali gagal lolos di fase grup setelah menempati juru kunci Grup B.

Pada perhelatan Piala Asia 2004 di China, Indonesia lolos setelah menjadi Runner-Up Grup C, pada ajang tersebut Timnas mampu menempati urutan ketiga klasemen namun tetap belum mampu melewati fase grup.

Baca Juga:
5 Pemain Keturunan yang Bisa Dipanggil Indra Sjafri ke Timnas Indonesia U-20, 3 Nama Dijamin Berminat!

Untuk pertama kalinya dalam sejarah turnamen, terdapat empat negara yang secara bersamaan menjadi tuan rumah yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam dan Thailand pada tahun 2007.

Sehingga Timnas Indonesia tidak perlu mengikuti kualifikasi pada waktu itu untuk mengikuti ajang Piala Asia.

Dengan status sebagai tuan rumah ternyata belum mampu mendongkrak prestasi Skuad Garuda, Indonesia hanya mampu finis diposisi ketiga Grup D.

Baca Juga:
Begini Pujian Bek Persib untuk Kevin Ray Mendoza

pada 2011 dan 2015 Indonesia tidak lolos di babak kualifikasi, turnamen yang di gelar di Qatar dan Australia tersebut tanpa diikuti Timnas Indonesia.

Indonesia kembali gagal mengikuti Piala Asia pada 2019 yang di gelar di Uni Emirat Arab, namun kali ini tidak berkompetisi akibat sanksi FIFA.

Dilansir dari akun Instagram @timnas.indonesia, tercatat sepanjang sejarah babak kualifikasi Indonesia menjadi tim Asia terproduktif kedua dengan berhasil mencetak 9 gol, Skuad Garuda hanya kalah dari Timnas Palestina yang berhasil mencatatkan 10 gol.

Baca Juga:
Jasanya Tak Lagi Dibutuhkan, Persib Bandung Rencana Jual Daisuke Sato dan Tyronne Del Pino

 

Usai absen selama 16 tahun, kali ini Indonesia kembali berkompetisi di ajang Piala Asia 2023 dibawah asuhan pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia juga dihuni banyak pemain baru dengan status naturalisasi dengan kualitas mumpuni.

Namun bukan pekerjaan mudah untuk bisa lolos di fase grup mengingat Indonesia terjebak di grup neraka bersama denga Irak, Jepang dan Vietnam, layak untuk kita tunggu kiprah anak asuh Shin Tae-yong 30 hari mendatang.(*)

Load More