Irwan Febri Rialdi
PSM Makassar kalah 0-5 dari Sabah FC. (Instagram/@psm_makassar).

Bolatimes.com - Berikut deretan klub Indonesia yang pernah menelan kekalahan dari wakil Malaysia saat berlaga di kompetisi Asia, di mana salah satunya adalah PSM Makassar.

PSM Makassar harus bertekuk lutut di hadapan wakil Malaysia, Sabah FC, saat kedua tim bersua di laga kedua grup H AFC Cup 2023, Kamis (5/10).

Dalam laga tersebut, PSM yang berstatus tuan rumah harus dibuat malu oleh Sabah FC usai dicukur habis dengan lima gol tanpa balas.

Sabah FC mampu mencetak lima gol masing-masing lewat Brace Darren Lok di menit ke-6 dan 36, serta gol dari Gabriel Peres di menit ke-36, Stuart Wilkin di menit ke-73, dan Farhan Roslan di masa Injury Time.

Kekalahan itu menambah panjang catatan buruk PSM kala bersua wakil Malaysia. Di AFC Cup musim lalu, tim berjuluk Juku Eja ini sempat tumbang dari Kuala Lumpur City FC di final zona Asia Tenggara.

Tak tanggung-tanggung, saat itu skuad arahan Bernardo Tavares ini sempat menelan kekalahan dengan skor 2-5 dari Kuala Lumpur City FC besutan Bojan Hodak di final AFC Cup zona Asia Tenggara.

Sadar atau tidak, kualitas tim-tim Indonesia masih terbilang jauh dengan tim-tim Malaysia di kompetisi Asia. Hal ini terlepas dari hasil yang diraih PSM dalam dua tahun terakhir.

Tercatat, banyak tim-tim Indonesia yang ternyata juga pernah dibekuk tim Malaysia di kompetisi Asia. Siapa saja tim-tim Tanah Air tersebut?

1. Persija Jakarta

Persija Jakarta pernah merasakan kekalahan dari tim Malaysia, yakni Johor Darul Ta'zim (JDT) di kancah AFC Cup 2018 silam pada babak grup.

Saat itu, tim berjuluk Macan Kemayoran ini pernah dihajar dengan skor 0-3 saat bertandang ke markas JDT yang kala itu bermain di Stadion Tan Sri Dato’ Hj Hassan Yunos.

Usai dibekuk di pertemuan pertama, Persija mampu membalasnya di pertemuan kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan skor 4-0 atas JDT.

2. Persipura Jayapura

Persipura Jayapura menjadi salah satu tim Indonesia yang kerap tampil menggigit di Asia. Tapi, Mutiara Hitam ternyata juga pernah menelan kekalahan dari wakil Malaysia.

Kekalahan yang didapat sejatinya bukanlah kekalahan murni. Pasalnya, kekalahan itu didapat setelah Pahang FA selaku lawannya dinobatkan menang WO karena masa visa pada AFC Cup 2015.

Saat itu, tiga pemain Pahang FA dideportasi karena masalah visa. Sedangkan Persipura usut punya usut sudah membubarkan diri karena jatuhnya sanksi FIFA ke Indonesia.

3. Arema

Arema juga pernah menelan kekalahan memalukan dari klub Malaysia saat berlaga di AFC Cup 2012. Saat itu, Singo Edan takluk Back to Back dari wakil Negeri Jiran di fase grup.

Adapun wakil Malaysia yang mengalahkan Arema FC secara Back to Back itu adalah Kelantan FA masing-masing dengan skor 0-3 dan dan 1-3.

Meski pernah kalah, Arema juga pernah menang atas wakil Malaysia, yakni Selangor FA pada AFC Cup 2014 dengan skor tipis 1-0 di fase grup.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More