Irwan Febri Rialdi
Josh Kennedy dari Australia (kiri) bersaing dengan kapten Indonesia Charis Yulianto (kanan) selama pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2011 di Brisbane pada 3 Maret 2010. Australia menang 1-0. (AFP/Greg Wood)

Bolatimes.com - Berikut deretan mantan penggawa Timnas Indonesia yang kini melatih klub-klub Liga 2 2023-2024, di mana nama-nama legendaris mulai berkecimpung di dunia kepelatihan.

Liga 2 2023-2024 telah berlangsung selama dua pekan. Dalam dua pekan yang telah dilewati, kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia terus menjadi sorotan.

Sorotan datang dari kehadiran pemain asing yang kini menghiasi Liga 2. Para pemain asing ini bisa bermain di ajang tersebut seiring regulasi baru yang ditetapkan PT LIB selaku operator.

Tak hanya para pemain asing saja, Liga 2 juga menawarkan daya tarik dengan banyaknya pemain-pemain top jebolan Liga 1 yang bermain di dalamnya.

Para pemain jebolan Liga 1 ini pun adalah para pemain bernama besar dan bahkan punya label mantan penggawa Timnas Indonesia.

Nyatanya, tak hanya para pemain saja yang punya label tersebut. Deretan pelatih di Liga 2 2023-2024 pun juga banyak dihiasi oleh mantan penggawa Timnas Indonesia.

Lantas, siapa saja para mantan penggawa Timnas Indonesia yang kini melatih di Liga 2 2023-2024? Berikut rangkumannya.

1. Charis Yulianto (PSCS Cilacap)

Josh Kennedy dari Australia (kiri) bersaing dengan kapten Indonesia Charis Yulianto (kanan) selama pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2011 di Brisbane pada 3 Maret 2010. Australia menang 1-0. (AFP/Greg Wood)

Bagi penikmat sepak bola era 2000 an, tentu tak asing dengan nama Charis Yulianto. Pemilik 36 caps bersama Timnas Indonesia ini kini berstatus pelatih tim Liga 2 2023-2024, PSCS Cilacap.

Penunjukannya sebagai pelatih terjadi pada Juni 2023 kemarin. Penunjukkan itu juga tak lepas dari rekam jejak kepelatihannya yang sempat menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia.

2. Widodo C Putro (Deltras Sidoarjo)

Widodo C Putro saat memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 1996 silam. [dok. PSSI]

Pendukung Timnas Indonesia tentu tak lupa dengan gol indah Widodo C Putro semasa masih aktif bermain. Namanya abadi sebagai salah satu legenda sepak bola Tanah Air.

Usai gantung sepatu, Widodo C Putro terjun ke dunia kepelatihan dan sempat melatih Timnas Indonesia serta klub Liga 1. Kini, ia berstatus pelatih Deltras Sidoarjo di Liga 2 2023-2024.

3. Eduard Ivakdalam (Persewar Waropen)

Dari timur Indonesia, ada nama Eduard Ivakdalam yang berlabel mantan penggawa Timnas Indonesia dan kini melatih klub Liga 2 2023-2024, Persewar Waropen.

Pemilik 11 caps bersama Timnas Indonesia ini ditemani oleh mantan rekan setimnya semasa bermain di kursi kepelatihan Persewar Waropen yakni Gerald Pangkali.

4. Imran Nahumarury (Malut United)

Pelatih PSIS Semarang, Imran Nahumarury. (Dok. PSIS)

Imran Nahumarury juga menjadi salah satu legenda Timnas Indonesia yang kini melatih di Liga 2 2023-2024, dengan melatih Malut United.

Selain punya nama besar sebagai pelatih, Imran juga punya nama besar semasa aktif bermain dengan mengoleksi 18 caps bersama Timnas Indonesia.

5. Bambang Nurdiansyah (Persipal Palu)

Pelatih senior Bambang Nurdiansyah. (Dok. PSSI)

Tak ada yang meragukan kapasitas Bambang Nurdiansyah sebagai pelatih. Rekam jejaknya itu membuat Persipal Palu mempercayainya sebagai nahkoda tim di Liga 2 2023-2024.

Kiprah pria yang akrab disapa Banur ini sebagai pelatih tak lepas dari rekam jejaknya semasa bermain yang pernah membela Timnas Indonesia, termasuk saat berhadapan dengan Diego Maradona di Piala Dunia U-20 1979.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More