Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-23 saat melawan China Taipei di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut deretan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) yang berpotensi menyusul Vietnam lolos dari babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, di mana salah satunya adalah Timnas Indonesia U-23.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 sudah hampir memasuki tahap akhir penyelenggaraan. Beberapa negara dari 11 grup yang ada pun sudah memastikan lolos ke putaran final.

Salah satunya adalah Vietnam. Tim berjuluk The Golden Stars ini telah memastikan diri lolos ke Piala Asia U-23 2024 usai tampil solid sepanjang babak kualifikasi.

Tergabung di grup C, tim besutan Philippe Troussier itu mampu memastikan lolos ke Piala Asia U-23 2024 usai finis sebagai juara grup, mengungguli Yaman, Singapura, dan Guam.

Vietnam berhasil lolos cepat setelah meraih dua kemenangan di dua pertandingan grup C, yakni atas Guam dengan skor 6-0 dan atas Yaman dengan skor 1-0.

Dua kemenangan itu membuat Vietnam telah mengoleksi enam poin. Secara matematis, raihan poin The Golden Stars itu tak bisa dikejar Yaman yang baru mengumpulkan tiga poin.

Meski grup C masih menyisakan satu laga, Vietnam sudah unggul Head to Head atas Yaman, sehingga berhak lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Keberhasilan Vietnam yang telah memastikan diri lolos ke Piala Asia U-23 2024 nyatanya bisa diikuti tiga negara rivalnya di Asia Tenggara (ASEAN). Negara mana saja itu?

1. Indonesia

 Indonesia dengan Timnas U-23 nya berpotensi besar menyusul Vietnam lolos ke Piala Asia U-23 2024, usai duduk di puncak klasemen sementara grup K.

Timnas Indonesia U-23 mampu duduk di puncak usai mengalahkan Chinese Taipei dengan skor masif 9-0. Secara poin, raihan skuad Garuda Muda sama dengan Turkmenistan yang hanya menang 4-0 atas Chinese Taipei.

Tapi Timnas Indonesia U-23 unggul selisih gol atas Turkmenistan. Sehingga di laga terakhir kontra Turkmenistan itu, tim besutan Shin Tae-yong hanya butuh hasil imbang untuk lolos.

2. Thailand

Thailand yang berada di grup H juga berpotensi lolos ke Piala Asia U-23 2024 karena untuk sementara duduk di puncak klasemen bersama Malaysia dengan raihan enam poin dari dua laga.

Bedanya, Thailand unggul selisih gol atas Malaysia. Kedua tim pun baru akan bertemu di laga terakhir untuk memperebutkan status juara grup.

Jika ingin lolos otomatis, Thailand pun harus bisa terhindar dari kekalahan. Kemenangan atau hasil imbang akan membuat Gajah Perang lolos dengan status juara grup H.

3. Malaysia

Malaysia pun berkesempatan lolos ke Piala Asia U-23 2024 lewat dua jalur, yakni juara grup H atau menjadi salah satu Runner Up grup terbaik.

Jika ingin lolos dengan status juara grup, maka Malaysia harus mengalahkan Thailand di laga pamungkas grup H agar bisa melewati torehan poin rivalnya itu.

Jika ingin lolos dengan status salah satu Runner Up grup terbaik, Malaysia hanya butuh hasil imbang saja, dengan catatan lawan-lawannya di perebutan Runner Up grup terbaik tak mendapat hasil positif di laga tersisa.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More