Husna Rahmayunita | Gagah Radhitya Widiaseno
Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang tipis untuk melaju ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Untuk lolos ke empat besar, pasukan Shin Tae-yong membutuhkan bantuan dua tim yakni Vietnam dan Thailand.

Pada laga pembuka Grup B, Timnas Indonesia U-23 mengalami kekalahan tipis 1-2 dari Malaysia pada laga yang digelar di Rayon Stadium, Thailand, Jumat (18/8/2023) malam.

Kekalahan ini membuat perjuangan skuad asuhan Shin Tae-yong harus lebih ekstra untuk bisa merebut tiket semifinal Piala AFF U-23 2023.

Baca Juga:
3 Pergantian Shin Tae-yong Yang Bikin Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Malaysia

Skuad Garuda Muda masih menyisakan satu laga melawan Timor Leste U-23 pada Minggu (20/8/2023). Kemenangan menjadi harga mati untuk Tumnas Indonesia U-23.

Andai menang, Timnas Indonesia U-23 masih harap-harap cemas mengingat satu tiket semifinal via runner up terbaik bakal sengit nantinya.

Seperti diketahui, tiket semifinal Piala AFF U-23 akan diberikan oleh tiga tim juara di masing-masing grup dan satu tim dengan predikat runner-up terbaik.

Baca Juga:
Profil Fergus Tierney, Striker Naturalisasi Timnas Malaysia U-23 yang Cetak Brace ke Gawang Indonesia

Untuk bisa lolos ke semifinal, Timnas Indonesia U-23 harus meminta bantuan Vietnam (Grup C) dan Thailand (Grup A)

Vietnam wajib menyapu bersih dua laga di Grup C melawan Laos dan Filipina dengan kemenangan. Situasi tersebut membuat runner-up Grup B (Laos atau Filipina) maksimal hanya akan mendapatkan satu poin.

Kemudian Kamboja bermain imbang melawan Myanmar dan kalah dari Thailand. Dengan begitu, Kamboja dan Myanmar hanya akan mendapatkan satu poin dengan asumsi Brunei menjadi juru kunci.

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Jadi Sorotan saat Kalah dari Malaysia di Piala AFF U-23 2023

Runner up terbaik akan jatuh ke Timnas Indonesia U-23 nantinya. Namun bagaimana jika Kamboja mampu mengalahkan Myanmar dan kalah dari Thailand?

Kondisi tersebut membuat Kamboja akan memiliki poin yang sama dengan Timnas Indonesia U-23 di klasemen runner-up.

Sementara itu, Thailand wajib menang dengan skor telak atas Kamboja agar bisa membantu Skuad Garuda lolos ke semifinal kejuaraan sepak blola Asia Tenggara.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Berpotensi Merusak Rekor Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 jika Gagal Lolos ke Semifinal

Load More