Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-23 kalah dari Malaysia di Piala AFF U-23 2023. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Berikut daftar pergantian pemain Shin Tae-yong yang membuat Timnas Indonesia harus menelan kekalahan dari Malaysia di laga pembuka grup B Piala AFF U-23 2023.

Timnas Indonesia U-23 harus menelan pil pahit di laga perdananya di Piala AFF U-23 2023, usai ditumbangkan oleh Malaysia dengan skor 1-2, Jumat (18/8).

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia U-23 sempat unggul cepat lewat Ramadhan Sananta di menit ke-9. Nahas, keunggulan ini kemudian dibalas oleh Malaysia di paruh kedua.

Di babak kedua, Malaysia mampu mencetak dua gol lewat aksi penyerangnya, Fergus Tierney, masing-masing lewat titik putih di menit ke-54 dan lewat sontekannya di menit ke-62.

Kekalahan ini sendiri membuat langkah Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 akan terasa berat.

Banyak yang menganggap bahwa kekalahan ini tak lepas dari performa buruk para penggawa skuad Garuda Muda sepanjang laga tersebut.

Akan tetapi, kekalahan dari Malaysia itu juga tak lepas dari kesalahan Shin Tae-yong dalam menerapkan taktik, terutama soal pergantian pemain.

Tercatat, ada beberapa pergantian pemain yang justru membuat Timnas Indonesia U-23 takluk dari Malaysia dengan skor tipis 1-2. Siapa saja?

1. Muhammad Ragil (Menggantikan Irfan Jauhari)

Pada menit ke-48, Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Muhammad Ragil untuk menggantikan Irfan Jauhari yang cedera.

Pergantian pemain ini berbuah fatal karena lini serang Timnas Indonesia U-23 yang semula dominan, justru melempem di sisa waktu yang ada.

Hal ini pun berimbas pada sistem serangan Timnas Indonesia U-23 yang kerap mengandalkan umpan silang atau Crossing saat sudah tertinggal dari Malaysia.

2. Jeam Kelly Sroyer (Menggantikan Arkhan Fikri)

Saat tengah tertinggal, Shin Tae-yong berjudi dengan memasukkan Jeam Kelly Sroyer untuk menggantikan Arkhan Fikri di menit ke-72.

Pergantian ini dimaksudkan untuk menambah daya serang. Akan tetapi faktanya pergantian ini justru membuat lini tengah Timnas Indonesia U-23 tak hidup.

Peran Arkhan Fikri sebagai pengatur permainan yang digantikan Jeam Kelly Sroyer pun membuat permainan Timnas Indonesia U-23 justru berkutat di sisi lapangan dan banyak menghasilkan umpan silang.

3. Esal Sahrul (Menggantikan Robi Darwis)

Pada menit ke-72 pula, Shin Tae-yong memasukkan Esal Sahrul sebagai pengganti Robi Darwis yang bermain sebagai bek tengah.

Pergantian ini juga dimaksudkan untuk menambah daya serang. Tapi pergantian ini tak terbilang cepat dilakukan Shin Tae-yong.

Pasalnya, sejak pergantian ini Esal Sahrul mampu memberi ancaman ke pertahanan Malaysia. Andai pergantian ini lebih cepat dilakukan, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia U-23 bisa menambah pundi gol dan meraih kemenangan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More