Rauhanda Riyantama
Sesi latihan Robi Darwis dan Muhammad Ferrari di Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, punya sederet modal berharga untuk bisa mempersembahkan gelar juara pertamanya ketika mengikuti ajang Piala AFF U-23 2023.

Sebab, ada banyak modal positif yang dimiliki Timnas Indonesia U-23 untuk bisa meraih prestasi terbaik di Piala AFF U-23 2023. Meskipun sebetulnya PSSI tak memberikan beban target muluk-muluk untuk Shin Tae-yong.

Namun, apabila melihat potensi besar yang dimiliki skuad Garuda Muda, gelar juara Piala AFF U-23 2023 ini sebetulnya menjadi target yang tak begitu susah diraih oleh skuad asuhan Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Welber Jardim Main di Laga Uji Coba, Timnas Indonesia U-17 Tumbangkan Persis Solo U-17

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah alasan yang membuat Timnas Indonesia U-23 punya peluang besar untuk menjuarai Piala AFF U-23 2023.

1. Pernah Juara Piala AFF U-23

Timnas Indonesia U-23 memang tak selalu berpartisipasi di Piala AFF U-23. Pada edisi sebelumnya, misalnya, skuad Garuda Muda harus absen karena para pemainnya terkendala pandemi Covid-19.

Baca Juga:
Aroma Indonesia Sangat Kental Saat Inter Milan Perkenalkan Emil Audero Mulyadi

Namun, saat terakhir kali tampil di Piala AFF U-23 pada edisi 2019, Timnas Indonesia U-23 sukses meraih gelar juara. Saat itu, mereka masih berada di bawah asuhan Indra Sjafri. Ini jelas menjadi modal berharga bagi skuad Garuda Muda di edisi kali ini.

2. DNA Juara SEA Games 2023

Apabila melihat nama-nama pemain yang dipanggil Shin Tae-yong, kualitas Timnas Indonesia U-23 memang patut diperhitungkan. Sebab, sebagian besar pemainnya merupakan alumnus SEA Games 2023 yang sukses meraih medali emas.

Baca Juga:
5 Rekor yang Diciptakan Cristiano Ronaldo seusai Antarkan Al Nassr Juara Liga Champions Arab 2023

Tentu saja, Shin Tae-yong bisa meramu para pemain jebolan SEA Games 2023 ini menjadi kekuatan baru yang dikombinasikan dengan bekas anak asuhnya di Timnas Indonesia U-20.

3. Pemain Berpengalaman

Meskipun levelnya ialah pemain di bawah usia 23 tahun, tetapi nama-nama yang dibawa Shin Tae-yong juga sudah mendapatkan menit bermain yang reguler bersama klubnya masing-masing di Liga 1.

Baca Juga:
Bawa Al Nassr Juara, Cristiano Ronaldo Disindir Fans Lionel Messi: Disebut Bak Cium Trofi Piala Dunia

Mendapatkan pemain muda yang sudah punya jam terbang tinggi membuat Timnas Indonesia U-23 seharusnya punya mental yang lebih tangguh untuk melibas semua pesaingnya di Piala AFF U-23 2023.

4. Punya Striker Tajam

Keunggulan lainnya yang dimiliki skuad Garuda Muda untuk menghadapi Piala AFF U-23 2023 ialah munculnya sosok striker tajam bernama Ramadhan Sananta. Pemain asal Persis Solo itu punya rekam jejak istimewa.

Pada SEA Games 2023 lalu, Sananta sukses keluar sebagai top scorer dengan koleksi lima gol. Adapun di Liga 1 musim ini, penyerang berusia 20 tahun itu sukses mencetak empat gol dari tujuh penampilannya bersama Persis Solo.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More