Irwan Febri Rialdi
Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, dan ilham Rio Fahmi saat di SEA Games 2023 (Persija.id)

Bolatimes.com - Beberapa pemain kesayangan Shin Tae-yong berpotensi tidak bisa dibawa oleh pelatih asal Korea Selatan ini ke Timnas Indonesia U-23.

Agenda terdekat Timnas Indonesia U-23 adalah Piala AFF U-23 2023 yang bakal berlangsung di Thailand pada 17-26 Agustus 2023 mendatang.

Tantangan buat Shin Tae-yong hadir lantaran stok pemain usia 23 dan di bawahnya untuk masuk ke skuad Timnas U-23 kian terbatas.

Baca Juga:
Rekap Hasil Uji Coba Timnas Indonesia U-17, Kalah Dua Kali

Beberapa pemain seperti Muhammad Ferarri, Ginanjar Wahyu, Frengky Missa dan Kakang Rudianto yang absen karena menjalani pendidikan kepolisian.

Kemudian ada 3 pemain yang dihukum imbas keributan di final SEA Games 2023. Selain itu, Shin akan kesulitan memanggil pemain di luar negeri karena Piala AFF U-23 2023 tak masuk kalender FIFA.

Bahkan ada kemungkinan tiga pemain asal Persija yang jadi kesayangan Shin Tae-yong besar kemungkinan tidak dilepas klubnya.

Baca Juga:
Termasuk Arif Aiman, 3 Bintang Muda Timnas Malaysia U-23 yang Absen di Piala AFF U-23 2023

1. Rizky Ridho

Rizky Ridho yang masih berusia 21 tahun sudah menjadi andalan Shin Tae-yong baik di timnas kelompok umur atau Timnas Indonesia.

Potensi Rizky Ridho tidak akan dilepas oleh Persija Jakarta sudah terlihat saat Timnas Indonesia melakukan persiapan jelang FIFA Matchday Juni lalu.

Baca Juga:
Bukan Levelnya, 5 Pemain Ini Sebaiknya Tak Dipanggil Shin Tae-yong ke Piala AFF U-23 2023

Saat itu Persija yang sedang melakukan pemusatan latihan juga jelang Liga 1 2023/24, belum melepas Rizky Ridho bahkan hingga beberapa hari jelang laga dimulai.

2. Witan Sulaeman

Kasus serupa terjadi kepada Witan Sulaeman yang sulit dilepas atau dilepas oleh Persija mepet jelang laga FIFA Matchday Juni lalu.

Baca Juga:
Harganya Terus Naik, Bek Timnas Indonesia Masuk Daftar 3 Wonderkid Termahal ASEAN

Persija beberapa kali terlibat friksi dengan Timnas berkaitan dengan pemanggilan pemain. Saat itu, beberapa pemain skuad utama Persija dipanggil Timnas Indonesia U-20 yang dipersiapkan untuk Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 --yang akhirnya batal digelar di Indonesia.

3. Rio Fahmi

Bek kanan andalan Persija Jakarta ini juga besar kemungkinan tak akan dilepas oleh Macan Kemayoran jika Shin Tae-yong memanggilnya ke Timnas Indonesia U-23.

Rio sudah menjadi pilihan utama Thomas Doll di sektor kanan pertahanan Persija. Ia selalu tampil dalam enam pertandingan Liga 1 2023/24 sebagai starter.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More