Rauhanda Riyantama | Gagah Radhitya Widiaseno
Pemain Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka. (Instagram/@arkhan8kaka)

Bolatimes.com - Pilar andalan Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka secara mengejutkan dicoret dari seleksi Timnas Indonesia U-17 proyeksi Piala Dunia U-17 2023. Pelatih Bima Sakti pun membeberkan alasannya.

Seleksi Timnas Indonesia U-17 cukup ketat. Sistem promosi dan degradasi dilakukan untuk memperoleh bibit terbaik dalam skuad Timnas Indonesia U-17.

Bima Sakti telah merilis 9 nama pemain yang dipulangkan dari TC Timnas Indonesia. Dari ke-9 nama tersebut, ada jebolan Timnas Indonesia U-16, Arkhan kaka.

Baca Juga:
Tak Mau Kalah dari Timnas Indonesia, Vietnam Juga Ingin Uji Coba Lawan Peserta Piala Dunia 2022

Dalam laman resmi PSSI, Arkhan Kaka ternyata bukan dicoret. Ia hanya dipulangkan karena tenaganya dibutuhkan Persis Solo untuk berlaga di kompetisi BRI Liga 1 2023/2024.

"Satu nama dari jebolan tim U-16 yang menjuarai AFF U-16 tahun 2022, yakni Arkhan Kaka Putra Purwanto dari Persis Solo, dibutuhkan untuk berlaga di kompetisi BRI Liga 1," tulis PSSI.

Sementara itu, ada delapan pemain lain yang harus terdegradasi dari tim Bima Sakti. Mereka semua juga sudah menjalani latihan rutin, test kesehatan dan juga psikotes, hingga beberapa uji coba internal.

Baca Juga:
Ada Pemain Setinggi Elkan Baggott yang Ikuti Seleksi Timnas Indonesia U-17, Indra Sjafri Syok

“Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, tidak ada jaminan bagi para pemain di TC Jakarta ini, untuk terus berada di tim. Kalau dia tidak bekerja keras, tidak memiliki mental kuat dan tidak punya kedisiplinan yang tinggi pasti susah bersaing,” ujar Bima Sakti dilansir dari laman resmi PSSI.

“Tentu kami sangat selektif memilih pemain dan mencari pemain sesuai kebutuhan tim. Kriteria yang kami cari tentu dari kualitas pemain tersebut, skill individu, chemistry dengan teman-temannya, mental, disiplin, dan lain-lainnya,” tambahnya.

Berikut 9 nama pemain yang dipulangkan Bima Sakti dari TC Timnas Indonesia U-17.

Baca Juga:
Profil Muhammad Ridwan, Eks Striker Timnas Indonesia U-23 yang Gabung Klub Liga 2

1. Muhammad Afazriel (PSS Sleman)
2. Aaron Nathan Ang (FC Nottingen Verbandsliga U-17)
3. Dimas Arya (Persipasi Bekasi),
4. Staffan Qabiel Horrito (Sant Cuggat FC Academy)
5. Mahesa Ekayanto (FC Dordrecht)
6. Muhamad Gaoshirowi (Persib Academy)
7. Madrid Augusta (AFC '34 Alkmaar)
8. Arkhan Kaka Putra Purwanto (Persis Solo)
9. Faizal Pratama Naufal (Persekat)

Load More