Rauhanda Riyantama
Marc Klok, gelandang Persib Bandung saat membawa bola ketika berhadapan dengan Persebaya Surabaya di lanjutan BRI Liga 1 2022/2023, Senin (13/3/2023). (Twitter/@pesib)

Bolatimes.com - Melihat susunan pemain dengan nilai pasar termahal di BRI Liga 1 2023/2024, di mana hanya ada satu pemain lokal yang masuk dalam daftar ini.

Liga 1 2023/2024 menjadi salah satu liga termahal di kawasan Asia Tenggara karena tingginya nilai pasar yang dimiliki para pemain di dalamnya.

Dilansir dari Transfermarkt, kompetisi kasta teratas Indonesia ini memiliki nilai pasar sebesar 73,09 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun.

Baca Juga:
Sulit Dicari, Siapa Bek Tengah Berkaki Kidal yang Cocok Perkuat Timnas Indonesia U-17?

Nilai pasar ini unggul atas Thai League atau Liga Thailand, Malaysia Super League, hingga V.League atau kasta teratas kompetisi Vietnam.

Tingginya harga ini tak lepas dari banyaknya pemain asing yang banyak berkiprah di Liga 1 2023/2024, terlebih sejak PSSI memberlakukan aturan enam pemain asing atau 5+1.

Melihat tingginya nilai pasar di Liga 1 2023/2024, menarik untuk melihat Starting XI atau susunan pemain dengan harga termahal di kasta teratas Indonesia ini.

Baca Juga:
Japan Open 2023: Tuan Rumah Terlalu Perkasa, Praveen/Melati Tumbang di Babak Pertama

Berikut susunan pemain dengan nilai pasar termahal di kompetisi Liga 1 untuk musim 2023/2024 dalam formasi 3-4-3.

Kiper: Sonny Stevens (Dewa United)

Dari Dewa United ada nama Sonny Stevens yang menjadi kiper dengan nilai pasar termahal di Liga 1 2023/2024, yakni dengan harga Rp8,69 miliar.

Baca Juga:
Rincian Gaji Mewah Kylian Mbappe dari Al Hilal: Upah Sejam Sudah Dapat Dua Mobil Fortuner GR Sport Varian Termahal

Kiper berkebangsaan Belanda itu sendiri baru didatangkan oleh Dewa United di tahun 2023 ini dari klub Yunani, yakni OFI Crete.

Bek: Ondrej Kudela (Persija), Nick Kuipers (Persib), Dusan Stevanovic (Persebaya)

Di lini pertahanan atau posisi bek, ada tiga nama yang punya harga mahal yakni Ondrej Kudela, Nick Kuipers dan Dusan Stevanovic.

Baca Juga:
Tokyo Verdy Jumpa Tim Papan Bawah, Pratama Arhan akan Diberi Kesempatan Bermain?

Dari tiga pemain ini, Nick Kuipers menjadi bek dengan nilai pasar termahal yakni Rp6,95 miliar. Sedangkan Ondrej Kudela dan Dusan Stevanovic punya harga yang sama, yakni Rp6.08 miliar.

Gelandang: Marc Klok (Persib), Alexis Messidoro (Persis), Dimitrios Kolovos (Dewa United), Matias Mier (Bhayangkara FC)

Marc Klok menjadi satu-satunya pemain lokal yang masuk daftar pemain termahal di Liga 1 yakni dengan nilai pasar Rp8,06 miliar.

Tapi untuk gelandang termahal, Dimitrios Kolovos menjadi pemegang status tersebut dengan harga Rp10,43 miliar, disusul Matias Mier dengan Rp7,82 miliar, dan Alexis Messidoro dengan Rp6,95 miliar.

Penyerang: Hugo Gomes (Madura United), Jefferson Assis (Bali United), David Gonzales (Persis)

Untuk lini serang, tiga pemain asing yakni Hugo Gomes, Jefferson Assis, dan David Gonzales memiliki nilai pasar yang sama.

Ketiga pemain asing asal Brasil dan Spanyol itu diketahui memiliki nilai pasar yang sama yakni di angka Rp6,95 miliar.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More