Rauhanda Riyantama
Banten International Stadium (Antara)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Banten International Stadium, stadion yang bisa jadi alternatif venue untuk Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Dalam beberapa waktu belakangan ini, Indonesia tengah disibukkan dalam pencarian venue untuk Piala Dunia U-17 2023.

Dari sekian stadion yang dipilih, kontroversi hadir saat adanya rencana PSSI menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai salah satu venue.

Baca Juga:
Profil Rudy Golden Boy, Mantan Atlet MMA yang Lumpuhkan Pemobil Ugal-ugalan

Namun penunjukkan JIS menjadi venue dibarengi adanya wacana memperbaiki stadion tersebut untuk gelaran Piala Dunia U-17 2023.

Rencana ini kemudian menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Sebab, rencana perbaikan itu dinilai bermuatan politis.

Tak ayal kisruh ini menjadi topik terhangat jelang gelaran Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Baca Juga:
5 Jebolan Garuda Select yang Ikut Seleksi Timnas Indonesia U-17, Auto Lolos?

Di tengah polemik ini, muncul ide dari DPRD Banten yang mengusulkan agar menggunakan Banten International Stadium (BIS) sebagai alternatif Piala Dunia U-17 2023.

Lantas seperti apa profil Banten International Stadium (BIS) yang bisa menjadi alternatif venue Piala Dunia U-17 2023? Berikut ulasannya.

Profil Banten International Stadium

Baca Juga:
Bali United Resmi Rekrut Mohammed Rashid, Pengganti Brwa Nouri

Banten International Stadium (BIS) merupakan stadion yang terletak di Pabuaran, Serang, Banten. Stadion ini sendiri dibangun pada Juli 2020 dan dibuka pada Mei 2022.

Stadion ini dibangun dengan biaya yang tak cukup besar yakni memakan biaya sekitar 875 miliar rupiah bila dibandingkan dengan JIS yang memakan biaya mencapai Rp4,5 triliun.

Stadion ini sendiri sudah berstandar FIFA dan memiliki desain unik dengan motif Batik Baduy dan motif bambu untuk tampilannya.

Baca Juga:
Tampil Apik Bersama Tokyo Verdy di Piala Kaisar, Pratama Arhan Berharap Menit Bermain Lebih

Stadion ini sendiri memiliki kapasitas yang cukup banyak, yakni 30 ribu kursi dan dipergunakan untuk klub-klub sepak bola yang berbasis di Banten.

Sebagai stadion dengan embel-embel internasional, BIS memiliki fasilitas layaknya stadion-stadion internasional di dunia lainnya.

Diketahui, 30 ribu kursi yang diperuntukkan untuk penonton itu juga menyediakan area khusus untuk penonton berkebutuhan khusus.

BIS sendiri menggunakan rumput khusus yang didatangkan dari Italia dengan jenis Zoysia Matrella yang telah sesuai dengan standar FIFA.

Stadion BIS sendiri tak hanya diperuntukkan untuk olahraga sepak bola semata, melainkan juga olahraga-olahraga lainnya.

Diketahui, Banten International Stadium memiliki sarana penunjang dan venue-venue lainnya sehingga menjadi pusat olahraga Banten.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More