Irwan Febri Rialdi
Kapten Timnas Indonesia U-22 Rizky Ridho usai kalahkan Thailand di final SEA Games 2023. (Instagram/@rizkyridhoramdani)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah menjalankan tanggung jawabnya sebagai nakhoda skuad Garuda selama tiga tahun. Sepanjang kiprahnya, ada beberapa pemain yang setia menemani tugasnya.

Setidaknya, tercatat ada beberapa pemain yang sampai saat ini masih setia menjadi andalan Shin Tae-yong sejak pelatih asal Korea Selatan itu mengukir debutnya sebagai juru taktik Timnas Indonesia pada laga uji coba melawan Oman.

Dalam duel latih tanding itu, STY memang tengah gagal mengawali kiprahnya dengan baik karena Timnas Indonesia harus kalah 1-3. Ini adalah duel persiapan jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga:
Perbandingan Nasib Asnawi Mangkualam dan Striker Vietnam di Liga Korea Selatan

Sejak saat itu, para pemain silih berganti memperkuat skuad Garuda. Namun, ada lima nama yang sampai saat ini masih bertahan menjadi andalan Shin Tae-yong, termasuk hingga laga terakhir melawan Argentina.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima pemain yang paling setia menemani Shin Tae-yong dari awal debutnya menjadi pelatih Timnas Indonesia sampai sekarang.

1. Rizky Ridho

Baca Juga:
7 Pemain Asia yang Dijuluki Lionel Messi, Siapa yang Punya Karier Gemilang?

Rizky Ridho tak hanya jadi pemain andalan STY di Timnas Indonesia senior. Sebab, ia sudah menjadi andalan sejak di level Timnas Indonesia U-19. Pemain Persija Jakarta ini bermain sejak laga melawan Oman. Kini dia merupakan pilihan utama STY di sektor bek tengah dan sudah membukukan 23 caps internasional.

2. Witan Sulaeman

Tak jauh berbeda dengan Ridho, Witan Sulaeman juga sudah diandalkan sejak Timnas Indonesia U-19 yang ketika itu menggelar TC di Kroasia. Sejauh ini, pemain Persija itu sudah mengoleksi 30 caps bersama skuad Garuda. Dia juga bermain pada laga uji coba melawan Oman. Namun, kini performanya justru menurun drastis.

Baca Juga:
Duel Persija Jakarta vs Bhayangkara FC, Macan Kemayoran Wajib Menang di Kandang

3. Pratama Arhan

Pemain lainnya yang tumbuh bersama STY sejak dari skuad Timnas U-19 ialah Pratama Arhan. Namanya nyaris tak tergantikan di pos bek kiri. Ia juga bermain pada laga melawan Oman jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Sejauh ini, Arhan sudah mengepak 31 caps bersama skuad Garuda.

4. Asnawi Mangkualam

Baca Juga:
Bukan Tentang Persiapan Seleksi Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim Malah Posting Momen Ini

Salah satu pemain yang paling disayangi STY di Timnas Indonesia ialah Asnawi Mangkualam. Penampilan pertamanya di bawah asuhan STY ialah laga uji coba melawan Oman. Sejauh ini, Asnawi telah mengemas satu gol dari 31 pertandingan. Dia bahkan juga dipercaya menjadi kapten.

5. Rachmat Irianto

Sejak awal menukangi Timnas Indonesia, salah satu pemain yang kerap diandalkan Shin Tae-yong ialah Rachmat Irianto. Dia bermain sejak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia melawan Thailand yang berakhir dengan skor 2-2. Sejauh ini, Rian sudah mengoleksi tiga gol dari 27 penampilan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More