Irwan Febri Rialdi
Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir saat berkunjung ke Garuda Store, stadionGelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/6/2023). (ANTARA/FAJAR SATRIYO)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, setuju untuk menghentikan sementara Liga 1 musim 2023/24, yang baru saja dimulai, karena tindakan rasisme terhadap pemain.

Usulan untuk menghentikan Liga 1 sebelumnya disampaikan oleh Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) setelah tiga permain PSM Makassar, Yance Sayuri, Yuran Fernandes dan Erwin Gutawa mendapat hinaan rasisme dari para pendukung Persija Jakarta. 

"Ya, setuju," kata Erick saat diwawancarai setelah menghadiri acara pelatihan VAR di kawasan Thamrin City, Jakarta pada Jumat (7/7/2023).

Baca Juga:
Shayne Pattynama Berpotensi Satu Klub dengan Zlatan Ibrahimovic, Kok Bisa?

Menurut Ketum PSSI yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu harus ada tindakan bertahap yang diambil terkait aksi rasisme tersebut.

"Kemarin saya sudah bilang, saya sangat kecewa, dan saya meminta nanti setelah ada jambore suporter (sudah ada di Surabaya) dan di berbagai tempat, suporter nanti mempunyai perspektif yang sama, apa itu rasisme," kata Erick.

"Ke depannya akan mulai kita tindak. Karena sangat sedih ketika kita bangga, sebagai negara Pancasila, NKRI, kulitnya ada yang putih ada yang hitam, rambutnya ada yang keriting ada yang lurus. Sukunya macam-macam lalu terjebak hal yang seperti ini, sangat-sengat menyedihkan," lanjutnya.

Baca Juga:
Profil Veikko Kemppainen, Pemain Keturunan Indonesia yang Dapat Panggilan TC Timnas Finlandia U-16

"Apalagi kalau yang dikecam bangsa kita sendiri. Apakah itu dari barat, timur, tengah, saya rasa ini tidak bisa ditoleransi."

Erick Thohir mengatakan bahwa rasisme harus dilawan dan ditindak tegas. Hal itu agar ada efek jera dan tidak terjadi lagi ke depan karena tidak boleh dikasih tempat untuk tindakan rasisme.

"Harus ada tindakan bertahap yang diambil," ucapnya.

Baca Juga:
Belum Juga Debut Bareng Timnas Indonesia, Sandy Walsh Punya Ambisi Besar Untuk Skuad Garuda

Sebelumnya APPI meminta Liga 1 2023/24 dihentikan sementara setelah adanya aksi rasisme dalam laga PSM Makasar melawan Persija Jakarta di Stadion GBK pada 3 Juli 2023 yang berakhir imbang 1-1.

(Suara Metro/Firman Doni)

Baca Juga:
Pemain yang Dicoret Shin Tae-yong dalam Daftar Naturalisasi Posting Momen Latihan Timnas Indonesia, Belum Bisa Move On?

Load More