Husna Rahmayunita | Arief Apriadi
Sesi latihan Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia harus memulai perjuangan dari babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Hal ini mendapat komentar pedas dari media Malaysia.

Komentar itu diberikan, setelah Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan di FIFA Matchday Juni 2023.

Media Malaysia, Harimau Malaya menjelaskan fans Timnas Indonesia sempat menertawakan lawan-lawan yang dihadapi negara mereka pada FIFA Matchday Juni 2023.

Baca Juga:
5 Kandidat Juara Liga Champions 2023-2024, Adakah Jawara Baru?

Namun, lanjut narasi dalam sebuah artikel media tersebut, kini publik Malaysia yang balik menertawai Timnas Indonesia setelah mendapat nasib kurang baik di laga uji coba internasional itu.

Sebagai informasi, Malaysia hanya menghadapi Kepulauan Solomon dan Papua Nugini di FIFA Matchday Juni 2023. Sementara Timnas Indonesia melawan Palestina dan Argentina.

Hasilnya, Malaysia berpesta dengan membungkam Kepulauan Solomon 4-1 dan menghancurkan Papua Nugini 10 kosong.

Baca Juga:
Kabar Dilirik Timnas Indonesia, Pemain Keturunan Belanda Beri Reaksi Positif

Keputusan menghadapi tim yang di atas kertas cukup lemah nyatanya jadi strategi jitu bagi Malaysia untuk mendongkrak ranking FIFA.

Mengutip laman Football-Ranking, Malaysia diprediksi naik dua posisi dari 138 ke 136 dalam ranking FIFA pasca dua kemenangan besar di FIFA Matchday Juni 2023.

Hasil itu menempatkan mereka di peringkat 24 dalam ranking negara-negara Asia. Alhasil, Malaysia berhak langsung tampil di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca Juga:
Baru Direkrut, Persik Kediri Lepas Penyerang Asing Jelang Liga 1 2023-2024

Sebagai informasi, hanya tim Asia peringkat 1-25 yang berhak langsung tampil di babak kedua. Sisanya harus bermain di dari babak pertama kualifikasi.

Timnas Indonesia termasuk tim-tim yang harus bermain dari babak pertama kualifikasi setelah gagal mendongkrak ranking FIFA pada FIFA Matchday Juni 2023.

Skuad Garuda menurut laman Football-Ranking justru turun satu peringkat dari 149 ke 150 pasca FIFA Matchday Juni 2023.

Baca Juga:
Liga 1 2023-2024: PSIS Semarang Jumpa Lawan Berat di Laga Perdana

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia cuma bermain imbang tanpa gol saat menjamu Paletina. Sementara saat berjumpa Argentina, tim asuhan Shin Tae-yong dibungkam 0-2.

"Malaysia, yang mengakhiri pertandingan persahabatan baru-baru ini dengan dua kemenangan, tersenyum lebar ketika mereka tidak harus bermain di babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 berdasarkan peringkat yang diperbarui setelah Jendela FIFA baru-baru ini," tulis Harimau Malaya.

"Namun berbeda dengan negara tetangga, Indonesia harus melalui babak pertama setelah hanya menempati peringkat 28 se-Asia."

Lebih lanjut, Harimau Malaya membandingkan suasana antara suporter Indonesia dan Malaysia sebelum FIFA Matchday bergulir. Kini, olok-olok fans Merah Putih secara tak langsung dibalas oleh pendukung Timnas Malaysia.

"Penggemar sepak bola di Indonesia juga menertawakan Malaysia karena hanya menghadapi lawan lemah seperti Kepulauan Solomon dan Papua Nugini. Namun kini posisi Malaysia bisa dibanggakan untuk kualifikasi Piala Dunia mendatang."

"Kekalahan tim sepak bola Indonesia melawan Argentina dan bermain imbang dengan Palestina pada siang hari membuat mereka tidak berhasil mengumpulkan poin yang cukup untuk naik peringkat FIFA, dan harus bermain di babak pertama," pungkasnya.

Load More