Rauhanda Riyantama
Aksi Jordi Amat saat berseragam Espanyol menghadapi Lionel Messi yang masih bermain di Barcelona. (AFP)

Bolatimes.com - Melihat aksi Jordi Amat yang membuat Lionel Messi terguling-guling, baik dengan tekelnya maupun aksi individunya jelang duel Timnas Indonesia vs Argentina.

Timnas Indonesia akan melakoni laga penting pada FIFA Matchday Juni 2023 kala menjamu Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (19/6).

Duel ini sendiri menjadi duel penting bagi Timnas Indonesia, mengingat Argentina berstatus juara Piala Dunia 2022 dan merupakan negara terkuat di dunia sepak bola saat ini.

Baca Juga:
Indra Sjafri Salat di Masjid Nabawi usai Timnas Indonesia U-23 Terhindar dari Grup Berat Kualifikasi Piala Asia

Apalagi bagi para pemain Timnas Indonesia yang akan berkesempatan melawan bintang-bintang dunia dari kubu Argentina, seperti Lionel Messi.

Laga melawan Messi dkk yang berstatus bintang dunia tentu akan jadi pengalaman berharga bagi para penggawa Timnas Indonesia kelak.

Tapi hal ini tampaknya tak berlaku bagi Jordi Amat, yang ternyata pernah merasakan duel langsung melawan bintang top sekelas Messi.

Baca Juga:
Hati-hati Indonesia, Lionel Messi Pernah Tolak Main di Malaysia Gara-gara Kondisi Lapangan Jelek

Hal ini tak lepas dari kiprah keduanya yang sama-sama pernah bermain di Liga Spanyol atau La Liga, di mana Jordi Amat pernah membela Espanyol dan Rayo Vallecano, sedangkan Messi membela Barcelona.

Dengan posisinya keduanya sebagai bek dan penyerang, baik Jordi Amat dan Messi pun kerap bertemu kala kedua tim yang dibelanya bertanding.

Dalam pertemuan antara keduanya, aksi-aksi menawan pun terlihat, terutama dari Jordi Amat yang ternyata pernah membuat Messi jatuh bangun menghadapinya.

Baca Juga:
Gugur di Babak Kedua Malaysia Masters 2023, Kevin/Marcus Akui Lawan Lebih Kuat

Bikin Messi Terguling-guling

Aksi Jordi Amat membuat Lionel Messi jatuh bangun terlihat saat dirinya membela Espanyol dan Rayo Vallecano kala menghadapi Barcelona.

Dalam rekam jejaknya, bek naturalisasi Timnas Indonesia ini telah menghadapi pemain berjuluk La Pulga itu sebanyak lima kali sejak 2010.

Baca Juga:
Ngeri! FIFA Bikin Head to Head Jelang Duel Timnas Indonesia vs Argentina, Pratama Arhan Disandingkan Lionel Messi

Dalam lima pertemuan itu, Jordi Amat pernah membuat Messi jatuh bangun, tepatnya pada 2011 lalu saat Espanyol menghadapi Barcelona.

Di laga yang sama dan tahun yang sama pula, Jordi Amat juga pernah membuat Messi terguling-guling dengan gaya bertahannya.

Saat itu, Jordi Amat membuat Messi terguling-guling dengan tekelnya, saat peraih Ballon d’Or tujuh kali itu melakukan dribel di area pertahanan Espanyol.

Aksi tekel Jordi Amat yang membuat Messi terguling-guling kembali berlanjut pada 2012, saat Jordi Amat dipinjamkan Espanyol ke Rayo Vallecano.

Kala Rayo Vallecano bersua Barcelona pada 2012, Jordi Amat tak segan melancarkan tekel dari belakang ke arah Messi agar tak mengancam gawangnya.

Akibat tekel dari belakang itu, Messi sampai terguling-guling di lapangan dan Jordi Amat harus menerima kartu kuning dari wasit.

Dalam lima pertemuannya dengan Messi, Jordi Amat dan timnya tak pernah menang dengan catatan satu hasil imbang dan empat kekalahan.

Tapi di balik satu hasil imbang itu, Jordi Amat berhasil mematikan pergerakan Messi sehingga bintang Argentina itu tak bisa mencetak gol maupun assist.

Dengan pengalamannya tersebut, akankah Jordi Amat bisa menghentikan laju Lionel Messi saat Timnas Indonesia bersua Argentina?

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More