Husna Rahmayunita
Starting XI Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di final SEA Games 2023. (Insra

Bolatimes.com - Di balik kemenangan dramatis Timnas Indonesia U-22 Indonesia atas Thailand di final SEA Games 2023, setidaknya lima pemain skuad Garuda Muda tampil mengesankan selama pertandingan.

Lima pemain Timnas Indonesia U-22 tampil gemilang saat memastikan medali emas SEA Games kembali ke Tanah Air pada 2023 ini.

Tampil di hadapan puluhan ribu penonton di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja pada Selasa (16/5/2023), skuad Garuda Muda sukses bungkam Thailand.

Baca Juga:
Tak Terima, Bek Thailand Tuding Timnas Indonesia U-22 'Curang' Terkait Gol Kedua Ramadhan Sananta

Unggul 2-1 hingga menit akhir pertandingan sebelum berhasil disamakan Thailand pada menit injury time, memaksa laga berlanjut ke babak tambahan.

Sempat diwarnai tawuran antarofisial klub dan pemain hingga berbuah enam kartu merah, Timnas Indonesia U-22 pada akhirnya keluar sebagai pemenang.

Lewat tambahan tiga gol dari Irfan Jauhari, Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra menutup perlawanan Thailand yang bermain dengan 8 pemain di akhir laga.

Baca Juga:
Respons Kocak Asnawi Mangkualam usai Dicaci Netizen yang Mengira Dirinya Tampil di Final SEA Games 2023

Terlepas dari itu, setidaknya ada lima anak asuh Indra Sjafri yang tampil menawan hingga memastikan kemenangan untuk Indonesia di final SEA Games 2023.

Lantas siapa saja pemain yang dimaksud? berikut lima pemain Timnas Indonesia U-22 yang menjadi kunci dibawa pulangnya kembali medali emas SEA Games 2023.

1. Rizky Ridho

Baca Juga:
Pelatih Thailand Kecewa Berat Dibungkam Timnas Indonesia U-22, Sebut Bukan Pertandingan Sepak Bola

Lini bertahan Timnas Indonesia U-22 aman dan nyaman dengan kehadiran Rizky Ridho, sosok yang juga menjabat sebagai kapten tim di SEA Games 2023.

Meskipun pada akhirnya Timnas Indonesia U-22 kebobolan 2 gol di menit-menit akhir waktu normal, peran Rizky Ridho patut diacungi jempol.

Kualitasnya terbukti memimpin para pemain yang mentalnya sempat goyah usai Thailand menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Baca Juga:
Kronologis Kericuhan di Final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 vs Thailand, Awalnya Dipicu Hal Ini

Jiwa kepemimpinan Ridho terbukti mengangkat timnya mencetak 3 gol tambahan sekaligus penentu kemenangan atas Thailand.

2. Alfeandra Dewangga

Kontribusi Dewangga sangat terlihat saat Timnas Indonesia U-22 mencetak gol pertama lewat skema lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Aksi Dewangga sukses membuat mental pemain Thailand menurun, hingga Ramadhan Sananta mampu memanfaatkan kesempatan kecil untuk mencetak gol.

Dewangga juga permain penuh di laga ini, perannya sebagai pemutus serangan lawan dan pembantu Matselino sebagai pembangun serangan tim sangat terasa.

3. Witan Sulaeman

Witan tetap menjadi Witan, pemain yang memainkan perannya sesuai dengan yang dibutuhkan, bisa itu sebagai pemecah konsentrasi lawan maupun pencari celah peluang.

Meski tak mencetak gol, peran Witan dalam memudarkan konsentrasi gelandang dan pemain bertahan Thailand sangat menyusahkan.

Witan sebenarnya mendapat peluang emas mencetak gol, sayangnya kontrol kurang baik membuat penyelesaian akhirnya tak sesuai harapan.

4. Muhammad Taufany

Tampil sebagai starter setelah menjadi pahlawan di semifinal sebagai penentu kemenangan atas Vietnam lewat golnya.

Peran Taufany cukup sentral, sosoknya lebih dipilih sebagai starter oleh Indra Sjafri ketimbang Beckham Putra.

Selain mampu merusak serangan lawan, Taufany muncul sebagai pembangun serangan dengan beberapa peluang emas dalam mencetak gol.

Sosoknya diyakini bakal kembali menjadi andalan Indra Sjafri di skuad Timnas Indonesia yang nantinya ia pimpin.

5. Ramadhan Sananta

Dua gol di partai final SEA Games 2023 adalah bukti betapa Indonesia beruntung memiliki striker murni dalam diri Ramadhan Sananta.

Meski hanya mendapat peluang sangat kecil, striker PSM Makassar ini berhasil mencetak dua gol dari kondisi yang tak terduga.

Pertama lewat umpan lemparan ke dalam Dewangga dan kedua saat memanfaatkan momentum bek Thailand gagal menguasai bola.

Penyelesaian akhir yang baik sangat dimiliki oleh Sananta, adalah jawaban untuk Timnas Indonesia terhadap striker andalan.

Kontributor: Eko
Load More