Husna Rahmayunita
Ketum PSSI Erick Thohir. (Instagram/@erickthohir)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersyukur Timnas Indonesia U-22 mampu menyudahi puasa gelar di SEA Games 2023 setekah 32 tahun menanti.

Timnas Indonesia U-22 besutan Indra Sjafri mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 pada pertandingan dramatis yang digelar di Stadion Olympic, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) malam.

Setelah imbang 2-2 di waktu normal, Timnas U-22 tampil mendominasi dan mampu menambah tiga gol tambahan ke gawang Thailand.

Baca Juga:
Detik-detik Manajer Timnas Indonesia U-22 Dipukul Ofisial Thailand di Final SEA Games 2023

Ini menjadi kemenangan berarti bagi Timnas Indonesia U-22 setelah terakhir mendapatkanya di SEA Games 1991.

"Alhamdulillah, penantian kita selama 32 tahun untuk menyaksikan tim sepak bola Indonesia juara terwujud hari ini. Terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial. Kami persembahkan emas ini bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar ketua umum PSSI Erick Thohir seusai laga final, Selasa.

Erick memberi apresiasi atas seluruh keringat, kerja keras dan pengorbanan yang diberikan oleh skuat timnas U-22. Mulai dari pemain, pelatih, hingga staf beserta ofisial. Menurut Erick ini adalah bukti Indonesia adalah bangsa tangguh dan mampu bekerja sama demi satu tujuan.

Baca Juga:
Hasil SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 Juara usai Bungkam Thailand, Vietnam Sabet Perunggu

"Hari ini anak-anak Indonesia yang umumnya masih berusia di bawah 22 tahun membuktikan bahwa kita adalah bangsa tangguh, pekerja keras, dan mampu bekerja sama untuk menjadi yang terbaik," ujar Erick Thohir.

Seusai laga Erick pun langsung melapor ke Presiden Joko Widodo. Erick berterima kasih pada Presiden Jokowi yang secara total mendukung penuh timnas Indonesia sejak awal.

"Terima kasih bapak Presiden. Ini adalah misi yang memang sejak awal pak Presiden sangat serius mendorong agar sepak bola Indonesia bisa berprestasi. Alhamdulillah akhirnya misi dan penantian juara terwujud hari ini," kata Erick.

Baca Juga:
Penantian 32 Tahun, Timnas Indonessia U-22 Akhirnya Raih Medali Emas SEA Games usai Bantai Thailand 5-2

Erick mengaku terharu melihat bagaimana para pemain jatuh bangun dan tak mengenal lelah sepanjang laga. Menurutnya Indonesia telah dibuat bangga oleh perjuangan, pengorbanan, dan keteguhan mental pemain hingga pluit akhir.

"Ini adalah kebanggaan seluruh rakyat Indonesia. Hari ini kita satu, mulai dari penonton di stadion hingga seluruh rakyat pelosok Indonesia yang menyaksikan di layar kaca menyatu bersama pemain di atas lapangan. Satu doa, satu harapan, dan satu kebahagiaan," ujar Erick.

Lebih lanjut, Erick Thohir mengatakan hasil ini adalah titik awal perjalanan tim sepak bola Indonesia untuk menggapai asa lebih tinggi.

Baca Juga:
Ramadhan Sananta Dapat Julukan Baru usai Cetak 2 Gol di Babak Pertama Kotnra Thailand: Inzaghi Versi Indonesia

"Emas SEA Games ini akan menjadi titik awal. Timnas akan terus meningkatkan diri, mengasah kemampuan. Karena target kita bukan berhenti di Kamboja. Tapi Kamboja adalah awal dari perjalanan sepak bola kita untuk menggapai asa yang lebih tinggi di level yang lebih tinggi pula," kata mantan presiden klub Inter Milan itu.

(Antara)

Load More