Rauhanda Riyantama
Momen Park Hang-seo ngamuk-ngamuk usai gawang Vietnam dibobol Timnas Indonesia. (Instagram)

Bolatimes.com - Melihat kembali momen Park Hang-seo mengamuk di tribun penonton, saat Vietnam kebobolan di menit-menit akhir laga dari Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-22 berhasil melangkah ke final SEA Games 2023, usai menumbangkan rivalnya, Vietnam, dengan skor 3-2, Sabtu (13/5) sore WIB.

Dalam laga yang digelar di Olympic Stadium itu, tim arahan Indra Sjafri ini mampu mengungguli lawannya sebanyak tiga kali sepanjang laga.

Baca Juga:
3 Pertemuan Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di Final SEA Games, Garuda Muda Kalah Tipis

Keunggulan Indonesia terlihat sejak menit-menit awal, kala Komang Teguh berhasil mencetak gol dengan tandukannya, memanfaatkan lemparan ke dalam Pratama Arhan di menit ke-10.

Gol tersebut kemudian dibalas oleh Vietnam di menit ke-36 lewat Nguyen Van Tung, yang juga mencetak gol lewat tandukannya. Skor 1-1 itu kemudian bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-22 kembali mencetak gol ke gawang Vietnam, yakni lewat Muhammad Ferarri yang membelokkan tendangan Marselino Ferdinan di menit ke-53.

Baca Juga:
Kisah Anatoli Polosin, Pelatih Asal Rusia yang Bawa Timnas Indonesia Sabet Medali Emas di SEA Games 1991

Lagi-lagi Vietnam mampu menyamakan kedudukannya atas Timnas Indonesia U-22 di menit ke-79, lewat gol bunuh diri Bagas Kaffa.

Gol ini pun menjadi petaka bagi Timnas Indonesia U-22, mengingat tim berjuluk Garuda Muda ini harus bermain dengan 10 orang sejak Pratama Arhan diusir keluar oleh wasit pada menit ke-60.

Di tengah gempuran Vietnam di sisa pertandingan, Timnas Indonesia U-22 kemudian berhasil mencetak gol penentu kemenangan lewat tendangan terukur Muhammad Taufany di menit ke-90+5.

Baca Juga:
Park Hang-seo Kena Ledek Media Malaysia saat Laga Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam, Ini Dia Sebabnya

Gol tersebut pun menuai reaksi beragam dari seluruh pihak di Olympic Stadium, termasuk para penonton yang didominasi pendukung Vietnam yang kecewa dengan gol di menit akhir itu.

Salah satu reaksi kecewa paling dalam ditunjukkan oleh mantan pelatih Timnas Vietnam, yakni Park Hang-seo, yang menonton dari tribun penonton.

Terlihat dalam rekaman yang beredar di media sosial, pelatih berusia 65 tahun itu tampak mengamuk sembari memukulkan kipas di tangannya ke arah bangku yang ia duduki.

Baca Juga:
Usai Sabet Emas SEA Games 2023, Muhammad Rifqi Fitriadi Enggan Sesumbar Target di Asian Games

Aksi Park Hang-seo itu pun menuai reaksi dari netizen, terutama warganet Indonesia, yang bersyukur bahwa ia tak lagi melatih Vietnam.

Banyak yang meyakini jika mantan asisten Guus Hiddink di Piala Dunia 2002 itu masih melatih Vietnam, Timnas Indonesia U-22 akan kesulitan untuk meraih kemenangan.

Sebagai informasi, semenjak Park Hang-seo memutuskan tak memperpanjang kontraknya, Vietnam ditukangi oleh Philippe Troussier, baik untuk tim senior maupun tim muda di SEA Games 2023.

Di tangan pelatih asal Prancis itu, banyak pihak meyakini bahwa permainan Vietnam tak lagi segarang dan sebaik saat masih bersama Park Hang-seo.

Terlepas dari kondisi Vietnam saat ini, Timnas Indonesia U-22 pun berhak melaju ke final SEA Games 2023 dan akan menghadapi Thailand di partai puncak, Selasa (16/5) malam WIB.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More