Husna Rahmayunita
Ramadhan Sanantan (tengah) dan pemain Timnas Indonesia U-22 usai hadapi Filipina di SEA Games 2023. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 sudah dipastikan menggenggam satu tiket untuk melaju ke fase semifinal SEA Games 2023. Menurut hitung-hitungannya, ada sejumlah skenario yang bisa mempertemukan Indonesia dan Vietnam di semifinal.

Sebagai informasi, saat ini Timnas Indonesia U-22 masih kokoh di puncak klasemen Grup A dengan koleksi sembilan poin. Hasil ini didapat dari tiga kemenangan atas Filipina, Myanmar, dan Timor Leste di Grup A. 

Sementara itu, Vietnam juga berada di puncak klasemen Grup A. Namun, mereka punya koleksi poin, gol, dan kebobolan yang sama dengan Thailand.

Baca Juga:
Musim Berakhir, Elkan Baggott Berhasrat Tembus Ipswich Town yang Baru Promosi ke Divisi Championship

Artinya, penentuan status juara dan runner-up Grup B masih sangat terbuka lebar. Sebab, Vietnam dan Thailand sama-sama menyisakan dua pertandingan di fase ini.

Berikut Bolatimes.com menyajikan hitung-hitungan untuk mempertemukan Timnas Indonesia U-22 melawan Vietnam di semifinal SEA Games 2023.

1. Jika Indonesia Menang Laga Terakhir

Baca Juga:
Klasemen Medali SEA Games 2023: Geser Thailand, Indonesia Kembali ke Peringkat Kedua

Apabila Timnas Indonesia U-22 menang pada laga terakhir, otomatis skuad Garuda Muda akan memantapkan posisinya sebagai pemuncak klasemen akhir Grup A SEA Games 2023.

Dengan koleksi 12 poin, Indonesia akan dengan sangat nyaman melenggang ke fase gugur. Tentu saja, Vietnam harus bisa lolos sebagai runner-up.

Oleh karena itu, mereka harus menang atas Malaysia pada laga ketiga dan kalah dari Thailand pada laga terakhir. Dengan demikian, Vietnam akan menduduki peringkat kedua Grup B dan berjumpa Indonesia di semifinal.

Baca Juga:
Timnya Berpotensi Tak Lolos Semifinal SEA Games 2023, Pelatih Kamboja Malah Salahkan Penggemarnya

2. Jika Indonesia Imbang pada Laga Terakhir

Selanjutnya, jika Timnas Indonesia U-22 meraih hasil imbang pada laga terakhir Grup A melawan Kamboja, posisi skuad Garuda Muda akan tetap menjadi pemuncak klasemen akhir.

Dengan demikian, skenario terbaik yang bisa mewujudkan laga Indonesia vs Vietnam di semifinal SEA Games 2023 ialah dengan membuat The Golden Star menjadi runner-up klasemen Grup B.

Baca Juga:
Black Steel FC Raih Juara AFF Futsal Club Championship 2023, Begini Tanggapan Erick Thohir

Skenario ini bisa menggunakan hitung-hitungan yang sama, yakni Vietnam menang atas Malaysia, tetapi kalah dari Thailand di laga terakhir Grup B.

3. Jika Kalah pada Laga Terakhir

Dari seluruh skenario yang ada, Timnas Indonesia U-22 memang sudah dipastikan menjadi pemuncak klasemen akhir Grup A, tak peduli apa pun hasil yang didapat pada laga terakhir.

Sebab, kalaupun Indonesia kalah dari Kamboja dengan skor berapa pun, Myanmar tidak akan bisa menggeser Indonesia meski menang dengan skor berapa pun.

Hal ini karena Indonesia unggul head-to-head atas Myanmar yang sempat menang 5-0. Dengan kata lain, hitung-hitungan yang masuk akal untuk mempertemukan Indonesia dan Vietnam di semifinal ialah sebagai juara Grup A dan runner-up Grup B.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More