Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia U-22 menjajal rumput Olympic Stadium Kamboja. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 akan menjalani laga perdana fase Grup A SEA Games 2023 melawan Filipina, tim yang tak boleh dipandang remeh.

Duel Timnas Indonesia U-22 melawan Filipina babak penyisihan Grup A SEA Games 2023 digelar pada Sabtu (29/4/2023) di Olympic Stadium, Phnom Penh.

Cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games 2023 memang lebih dulu digelar sebelum pembukaan resmi pada 5 Mei mendatang.

Baca Juga:
Profil Filipina U-22: Lawan Pertama Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 melawan Filipina akan jadi laga pembuka di turnamen ini, duel keduanya diprediksi berlangsung pada pukul 16.00 WIB.

Skuad Garuda Muda sudah berlatih sejak Rabu (26/4/2023) lalu, anak asuh Indra Sjafri pantang untuk meremehkan lawan.

Meski di atas kertas Indonesia dianggap layak unggul atas Filipina, namun masalah bisa jadi datang dari internal tim itu sendiri.

Baca Juga:
Jelang Duel, Indra Sjafri Cari Komposisi Terbaik Timnas Indonesia U-22 untuk Bungkam Filipina

Setidaknya ada tiga alasan yang membuat Indonesia pantang meremehkan Filipina untuk laga nanti, apa saja? berikut di antaranya.

1. Skema Belum Padu

Indra Sjafri hanya diperbolehkan membawa 20 pemain, karena itu banyak pemain versatile di tubuh timnas Indonesia U-22 saat ini.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Ingatkan Timnas Indonesia U-22 Tak Remehkan Filipina, Ini Penyebabnya

Skema permainan yang diusung Indra Sjafri masih belum jelas, beberapa kali menggelar laga uji coba hanya untuk melihat sejauh mana kualitas pemain.

Jika skema yang dijalankan tidak berhasil, hal itu tentu bakal menjadi masalah besar dan bahkan bisa dimanfaatkan Filipina mencuri kemenangan.

2. Buta Kekuatan Lawan

Baca Juga:
Jadwal Timnas Indonesia U-22 vs Filipina di Laga Pembuka SEA Games 2023

Kekuatan Filipina U-22 saat ini tak bisa diukur dan diamati dengan jelas, selain karena sepak bola bukan merupakan olahraga populer di negara tersebut.

Namun negara ini pernah memberi beberapa kali kejutan untuk Indonesia, termasuk saat berlaga di SEA Games.

Karena itu waspada akan taktik dan sistem permainan lawan menjadi kunci dari hasil yang bakal didapat timnas Indonesia U-22.

3. Tekanan Laga Perdana

Tekanan tinggi tentu ada di pundak para pemain, berada di grup dengan lawan yang terbilang mudah, kemenangan pun jadi target utama.

Jika mental para pemain tidak siap, hal ini akan jadi masalah besar karena kemampuan mereka yang tidak akan keluar.

Kesulitan dalam bermain membuat pemain sulit mengembangkan potensi, bahkan untuk menguasai permainan pun sulit apalagi mencetak gol.

Kontributor: Eko
Load More