Irwan Febri Rialdi
Skuad Filipina U-22 yang akan tampil di SEA Games 2023, (Instagram/phifootballfederation)

Bolatimes.com - Filipina U-22 bakal menjadi salah satu lawan yang dihadapi Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 Kamboja mendatang.

Selain Filipina, Timnas U-22 juga akan menghadapi tuan rumah Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste di Grup A. Filipina pun diprediksi jadi lawan yang bakal menyulitkan.

Indonesia akan memainkan laga perdana Grup A melawan Filipina. Pertandingan Indonesia vs Filipina akan digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (29/4/2023).

Baca Juga:
Jadwal Pertandingan Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2023

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Filipina U-22? Berikut ulasan profilnya!

Profil Filipina U-22

Filipina U-22 yang punya julukan Young Azkals ini merupakan bagian dari tim nasional kelompok umur Filipina. Dalam sejarahnya, Filipina sendiri tidak punya catatan bagus di sepak bola.

Baca Juga:
Profil David Jacobs, Legenda Para Tenis Meja Indonesia yang Meninggal Dunia

Ini terlihat dari perjalanan Filipina U-22 yang baru mentas pada cabor sepak bola SEA Games di edisi 2005. Jika ditotal (termasuk 2023), Filipina baru mentas delapan kali di SEA Games.

Dari sekian kesempatan tersebut, Filipina pun selalu terhenti di fase grup. Pun dengan capaian mereka di Piala AFF U-23, yang selalu tersisih di fase grup dalam tiga kali kesempatan.

Untuk meraih hasil maksimal di SEA Games 2023 mendatang, Federasi Sepak Bola Filipina lantas menunjuk mantan pemain timnas Filipina, Rob Gier, sebagai pelatih.

Baca Juga:
Jadwal Pertandingan Bulu Tangkis Timnas Bulu Tangkis Indonesia di SEA Games 2023

Sosok kelahiran Ascot, Inggris, pada 6 Januari 1981 ini merupakan pemain keturunan Filipina-Inggris. Ia tumbuh besar di Inggris. Bahkan karier sepak bola Gier juga dimulai di Inggris ketika ia bermain untuk akademi klub Wimbledon. Ia pun naik ke tim utama pada tahun 2000.

Gier lantas memutuskan untuk membela Timnas Filipina pada 2009. Tercatat, ia memainkan 66 pertandingan buat tim berjuluk The Azkals itu dengan torehan dua gol.

Rob Gier kemudian pensiun pada 2016 dan langsung terjun sebagai pelatih dengan menangani tim wanita Oxford University. Ia lalu sempat menjadi pelatih akademi di tim wanita Reading.

Baca Juga:
Beda dari yang Lain, Timnas Malaysia U-22 Belum Tiba di Kamboja Jelang SEA Games 2023

Hingga akhirnya Rob Gier ditunjuk menjadi pelatih Timnas Filipina U-22 yang akan mentas di SEA Games 2023 Kamboja.

Untuk skuad Filipina U-22, setidaknya ada dua pemain Filipina U-22 yang wajib diwaspadai oleh tim Garuda Muda yaitu Santiago Rublico dan Sandro Reyes.

Rublico merupakan pemain milik tim muda Atlético Madrid saat ini. Sementara itu, Sandro Reyes belum lama ini telah diminati oleh klub Jerman, SpVgg Greuther Furth II.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More