Rauhanda Riyantama
Timnas Indonesia U-22 saat uji coba lawan Bhayangkara FC jelang SEA Games 2023. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Berikut deretan alasan mengapa Timnas Indonesia U-22 diyakini bisa membuka kampanyenya di fase grup SEA Games 2023 dengan kemenangan atas Filipina.

Timnas Indonesia U-22 telah berangkat ke Kamboja dan akan memulai kampanyenya di SEA Games 2023 dengan menghadapi Filipina, Sabtu (29/4).

Laga ini akan menjadi laga perdana tim besutan Indra Sjafri tersebut pada event olahraga dua tahunan ini, di mana kedua tim tergabung di grup A.

Baca Juga:
Batal Dinaturalisasi, Justin Hubner Makin Konsisten di Wolves U-21

Sebagai informasi, grup A sendiri terdiri dari lima negara, yakni Indonesia, Kamboja (tuan rumah), Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Laga perdana SEA Games 2023 melawan Filipina pun akan menjadi penentu langkah Timnas Indonesia U-22 dalam usahanya meraih medali emas.

Karenanya, tim berjuluk skuad Garuda Muda ini pun harus meraih kemenangan di laga perdananya dengan melawan Filipina.

Baca Juga:
Tampil di SEA Games 2023, Witan Sulaeman Jadi Pemain Berpengalaman di Timnas Indonesia U-22

Kemenangan akan menjadi modal berharga bagi Timnas Indonesia U-22 untuk membuka jalan lolos ke semifinal dan bersaing memperebutkan medali emas yang terakhir didapatkan pada 1991 silam.

Timnas Indonesia U-22 pun diyakini bisa meraih kemenangan pada laga perdananya di SEA Games 2023 melawan Filipina. Apalagi jika berkaca pada deretan alasan berikut ini:

1. Unggul Head to Head

Baca Juga:
Tottenham Hotspur Pecat Cristian Stellini usai Dibantai Newcastle United, Tunjuk Sosok Ini

Timnas Indonesia U-22 diyakini bisa meraih kemenangan mudah atas Filipina di laga perdana SEA Games 2023 karena unggul Head to Head atas tim berjuluk Young Azkals tersebut.

Sejak SEA Games digelar pada 30 tahun silam, Timnas Indonesia tercatat sudah bertemu Filipina sebanyak sembilan kali.

Dari sembilan pertemuan itu, Timnas Indonesia tak pernah kalah dengan catatan delapan kemenangan dan satu hasil imbang.

Baca Juga:
5 Eks Manchester United yang Berkarier di Liga Asia, Termasuk Main di Indonesia

2. Timnas Indonesia Full Team

Timnas Indonesia U-22 tampil Full Team dengan kekuatan terbaiknya yang bermaterikan 20 pemain dengan pengalaman di level teratas.

Pemain yang dibawa pun pemain yang punya pengalaman di level senior dan klub luar negeri seperti Witan Sulaeman, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, dan lain-lain.

Selain itu, sebagian besar para pemain yang dibawa Indra Sjafri ini juga punya pengalaman di SEA Games, karena pernah masuk skuad di edisi 2021 kemarin, atau edisi sebelum-sebelumnya.

3. Faktor Pelatih

Faktor pelatih juga bisa menentukan langkah Timnas Indonesia U-22 meraih kemenangan atas Filipina di laga perdana SEA Games 2023.

Timnas Indonesia U-22 dibesut oleh sosok Indra Sjafri yang punya pengalaman segudang di kompetisi level kelompok umur, termasuk saat meraih medali perak di SEA Games 2019.

Sedangkan Filipina dilatih oleh mantan pemain tim nasionalnya sendiri, Rob Gier, yang pengalamannya baru seumur jagung tak punya rekam jejak mentereng di kompetisi level internasional.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More