Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (tengah) saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (13/4/2023). [Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha]

Bolatimes.com - Ketum PSSI, Erick Thohir, buka suara ketika ditanya dari mana uang Rp 2 miliar yang diberikan untuk PSM Makassar sebagai juara BRI Liga 1 2022/2023.

Sayangnya Erick tidak bisa menjawab dari mana sumber dana Rp2 miliar. Menurutnya, bonus buat PSM Makassar akan diberikan setelah lebaran.

"Nanti dari mana (uangnya) kita pikirkan, masak tidak percaya. Silahkan kontak pak Sadikin Aksa (Direktur PSM), saya sudah kontak langsung, silakan tanya," ujar Erick Thohir dalam konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga:
Erick Thohir Beri PSM Makassar Rp 2 Miliar, Pakai Uang Pribadi

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi menjawab banyaknya pertanyaan mengapa PSM Makassar tidak mendapatkan hadiah sebagai kampiun BRI Liga 1 2022/2023. Menurutnya, sejak awal musim sudah ada kesepakatan dari seluruh peserta liga bahwa tim juara hanya mendapatkan trofi.

Sejatinya, apa yang terjadi pada musim ini bukan hal baru.

Sebelumnya ini terjadi pada Liga 1 2021/2023 dan Liga 1 2019 di mana Bali United menjadi juara. Saat Persija Jakarta juara pada edisi 2018 hal tersebut juga terjadi.

Baca Juga:
PT LIB Tak Beri Hadiah, Erick Thohir Turun Tangan Kasih Rp2 Miliar ke PSM Makassar

Ini karena sebelum kompetisi dimulai sudah ada kesepakatan dengan seluruh peserta kompetisi.

Direktur Utama LIB, Ferry Paulus menyebut seluruh tim BRI Liga 1 sebagai gantinya menerima 'uang kontribusi' yang jumlahnya tidak disebut.

"Sampai saat ini semua klub memahami hal tersebut. Patut diketahui, kesepakatan ini sudah muncul sejak musim 2018,” kata Ferry Paulus dalam keterangannya, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga:
Harlan Suardi, Kiper PSM Makassar yang Juara dengan 3 Klub di 3 Kasta Berbeda dalam 3 Musim Beruntun

Ini berbeda dengan penghargaan individu. Bernardo Tavares, juru taktik PSM yang dinobatkan sebagai pelatih terbaik Liga 1 musim ini berhak mendapat Rp 150 juta.

Sedangkan kapten Juku Eja, Wiljan Pluim yang dinobatkan sebagai pemain terbaik musim ini mendapat uang Rp 150 juta rupiah.

PSM sendiri juara Liga 1 setelah mengoleksi 75 poin dari 34 pertandingan. Mereka unggul jauh dari pesaing terdekatnya, Persija Jakarta (66 poin) di peringkat kedua.

Baca Juga:
Kiper Arsenal Pasrah dan Hanya Melongo saat Striker Garuda Select Bobol Gawangnya, Ini Videonya

Load More