Irwan Febri Rialdi
Justin Hubner saat membela Timnas Indonesia U-20 dalam laga uji coba. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Justin Hubner, menjadi nama pemain terbaru yang ngeprank Timnas Indonesia karena batal melanjutkan proses naturalisasi meski sudah sempat sepakat.

Hal ini dikonfirmasi oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) Arya Sinulingga. Dia menyebut ada permintaan yang tak bisa dipenuhi PSSI sehingga proses naturalisasi Justin Hubner disetop.

"Jadi kita tidak melanjutkan untuk naturalisasi terhadap Hubner, karena ada permintaan Hubner yang tidak bisa kita penuhi," kata Arya Sinulingga seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga:
Batal Dinaturalisasi, Justin Hubner Nongol di Postingan Ivar Jenner

Namun, Arya Sinulingga tak menjelaskan secara detail permintaan yang dimaksud tersebut. Sempat muncul rumor pemain blasteran Belanda yang kini membela Wolverhampton Wanderers U-21 itu meminta sejumlah uang. Arya Sinulingga juga tidak mengetahui mengapa permintaan Justin tersebut baru dilontarkan menjelang fase akhir proses naturalisasi.

"Yang pasti kan begini, tidak ada niat kita untuk menghambat, ada komunikasi, ada namanya pendekatan kepada pribadi, kemudian keluarga. Biasanya mereka akan menunjuk agennya setelah itu. Baru kita proses," lanjutnya.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pemain keturunan yang sempat ngeprank Timnas Indonesia selain Justin Hubner.

Baca Juga:
Profil Dusan Stevanovic, Bek asal Serbia yang Dirumorkan Jadi Incaran Persebaya Surabaya

1. Mees Hilgers 

Salah satu nama pemain yang sebetulnya diharapkan Shin Tae-yong bersedia menjalani proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI) ialah Mees Hilgers.

Namun, Mees Hilgers akhirnya menolak tawaran dari PSSI dan Shin Tae-yong. Selain karena usianya yang masih muda, Mees Holgers juga tidak mendapatkan izin dari kedua orang tuanya untuk membela Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Mengenal Stadion Nasional Morodok Techo, Venue Utama SEA Games 2023

Kedua orang tuanya memang meminta pemain asal FC Twente ini mendapatkan paspor ganda jika nantinya menjadi warga negara Indonesia.

2. Kevin Diks 

Kevin Diks menjadi salah satu pemain keturunan Belanda-Indonesia yang sudah diincar oleh Shin Tae-yong untuk menjalani proses naturalisasi.

Baca Juga:
Siapa Hiba Abouk, Wanita yang Ceraikan Achraf Hakimi demi Harta Gono-gini

Sayangnya, pemain yang berkarier di Liga Denmark bersama FC Copenhagen ini juga harus terbentur masalah yang sama, yakni tak mendapatkan restu orang tua.

Sebetulnya, Shin Tae-yong sempat menginginkan Kevin Diks untuk dinaturalisasi. Namun, namanya kemudian dicoret di tengah jalan karena posisinya sebagai bek sayap kanan dianggap bentrok dengan Sandy Walsh.

3. Jordy Wehrmann

Timnas Indonesia sejatinya nyaris saja mendapatkan gelandang yang berkualitas apabila berhasil menaturalisasi Jordy Wehrmann. 

Pemain yang kini memperkuat ADO Den Haag itu memang punya kualitas yang mumpuni. Sebab, gelandang berusia 24 tahun ini punya rekam jejak bermain bersama Timnas Belanda di kelompok U-17, U-19, hingga U-20.

Sayangnya, pemain jebolan akademi Feyenoord Rotterdam ini memutuskan untuk menolak proposal naturalisasi dari PSSI. 

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More